Enkripsi File Teks Menerapkan Algoritma Skipjack

Bryando H, Nurul Hapifa, Rodiana Rodiana

Abstract


Salah satu hal yang terpenting untuk menjamin kerahasiaan data atau informasi dengan mnelakukan proses enkripsi. Kerahasiaan data atau informasi merupakan  hal yang sangat penting dan harus dijaga dengan saat aman. Dengan bertambah banyak nya arus lintas pengiriman data maka pengiriman data sangat rentan dari gangguan orang-orang iseng yamg ingin menegetahui secara paksa  isi  informasi dari orang lain. Gangguan tersebut berupa penyadapan atau manipulasi data atau text demi keuntungan mereka. Masalah ini dapat diatasi dengan melalukan proses enkripsi pada teks atau dokumen yang akan di kirim sehinnga bisa di baca oleh orang yang tidak punya kepentingan, penulis memakai enkripsi data dengan metode skipjack. Metode ini merupakan cara proses enkripsi pada file text pada suatu aplikasi internet dengan contoh email service dan mempunyai 32 tahap dan disertakan rumus permutasi yang merupakan bagian dari metode skipjack, dengan memakai metode skipjack ini data atau teks yang akan dikirim melalui internet sudah dienkripsi oleh pengirim, kemudian sampai kepada penerima yang didekripsikan kembali menjadi data semula atau plaintext oleh penerima.

Kata Kunci: Kriptografi,Enkripsi,Skipjack,Teks,Informasi


Full Text:

PDF

References


Y. Asri, “PERANCANGAN APLIKASI ENKRIPSI DAN DEKRIPSI DATA DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA SKIPJACK.pdf,” vol. 2. p. 2, 2009.

S. M. Indonesia, “ISSN 2442-4943 SISTEM PENGKODEAN DATA PADA FILE TEKS UNTUK KEAMANAN INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SKIPJACK INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SKIPJACK Abstrak,” vol. 12, no. 1, pp. 59–72, 2018.

M. A. H. Nim, “Studi Mengenai Algoritma Skipjack dan Penerapannya.”

P. Kriptografi and D. A. N. Pemakaianya, “2016,” no. May, 2016.

J. Muhammad, “Analisis dan Implementasi Kombinasi Algoritma SKIPJACK dan Algoritma MCALIECE pada Pengamanan File Teks,” 2017.

N. Sinaga, S. Aini, and B. Gulo, “Penerapan Algoritma Skipjack Untuk Menyandikan Short Message Service,” J-SAKTI (Jurnal Sains Komput. dan Inform., vol. 2, no. 1, p. 33, 2018, doi: 10.30645/j-sakti.v2i1.54.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.