Pengamanan File DOCX Menerapkan Algoritma International Data Encryption Standart

Oktavian Laksamana Suryo, Fuady Mahbub, Mirawati Mirawati

Abstract


Seiring dengan Berkembangnya Teknologi, hampir semua orang menggunakan Microsoft Office Word dalam menyelesaikan tugas sehari-hari. Format penyimpanan file dokumen yang ada pada Microsoft office word adalah DOCX. Bisa jadi file yang dikerjakan merupakan file penting yang tidak boleh dilihat oleh sembarangan orang. Namun format file ini sangat mudah sekali untuk dicuri atau dipalsukan oleh pihak ketiga yang sangat tidak bertanggung jawab. Untuk menghindari hal tersebut, maka penulis bermaksud mengamankan file DOCX dengan mengenkripsi plainteks menjadi cipherteks agar pihak ketiga yang seharusnya tidak diperkenankan mengetahui, tidak bisa dengan mudah mencuri file tersebut. Namun hanya orang yang tahu kuncinya yang dapat mendekripsikan kembali cipherteks tersebut menjadi plainteks. Adapun algoritma yang digunakan yaitu Algoritma International Data Encryption Standard atau sering disebut dengan IDEA. Algoritma IDEA ini digunakan karena memberikan suatu keamanan tingkat tinggi dengan berdasarkan kunci rahasia yang kompleks.

Kata Kunci: DOCX, Pengamanan, Enkripsi, Dekripsi, IDEA


Full Text:

PDF

References


M. K. Emy Setyaningsih, S.Si., Kriptografi dan Implementasinya menggunakan MATLAB. Yogyakarta: CV.ANDI OFFSET, 2015.

M. Kholidya Yuli Wardani, M.Zen S.Hadi, ST, MSc, Mike Yuliana, ST, “IMPLEMENTASI METODE KRIPTOGRAFI IDEA pada PRIORITY DEALER untuk LAYANAN PEMESANAN dan LAPORAN PENJUALAN HANDPHONE BERBASIS WEB,” IMPLEMENTASI Metod. KRIPTOGRAFI IDEA pada Prior. Deal. untuk LAYANAN PEMESANAN dan Lap. PENJUALAN HANDPHONE Berbas. WEB, p. 1, 2015.

D. L. C. P. Tri Andriyanto, “STUDI PERBANDINGAN ALGORITMA IDEA DAN ALGORITMA BLOWFISH,” KOMMIT 2008, no. 1411–6286, 2008.

A. T. B. Sarwono Sutikno, “PENERAPAN ALUR DESAIN ALLIANCE DALAM PERANCANGAN CORE PROSESOR KRIPTO IDEA.”

P. F. S. Raka Yusuf, “PENERAPAN METODE ENKRIPSI IDEA, FUNGSI HASH MD5, DAN METODE KOMPRESI HUFFMAN UNTUK KEAMANAN DAN EFISIENSI RUANG DOKUMEN,” SINAPTIKA, no. 2086–8251, 2010.

H. F. Abdul Hanan, “METODE ENKRIPSI DAN DEKRIPSI DATA MENGGUNAKAN KRIPTOGRAFI IDEA.”

J. Sasongko, “PENGAMANAN DATA INFORMASI MENNGUNAKAN KRIPTOGRAFI KLASIK,” Teknol. Inf. Din., vol. X, no. 0854–9524, p. 3, 2005.

A. W. Raka Yusuf, “Pengamanan Data dengan Kompresi LZSS dan Enkripsi IDEA Berbasis Web,” Semin. Nas. Pengaplikasian Telemat. SINAPTIKA, no. 2086–8251, p. 5, 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.