Analisis Pelaksanaan Pelatihan Dan Pendidikan Pada PT. Bimasakti Mahawira Medan

Weny Weny, Ngajudin Nugroho, Dewi Anggraini, Sofian Sofian, Erwin Erwin

Abstract


PT. Bimasakti Mahawira Medan merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang properti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari tahu dan mendeskripsikan metode pelatihan dan pendidikan yang diterapkan di PT. Bimasakti Mahawira Medan. Teori yang digunakan adalah teori Sikula (dalam Hasibuan, 2011) yang mengemukakan pembagian tentang metode pelatihan dan metode pendidikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode wawancara terstruktur. Dalam menentukan narasumber wawancara penulis menggunakan teknik purposive sampling. Setelah penulis mengumpulkan dan memperoleh data yang dikehendaki, maka selanjutnya data tersebut harus dianalisis agar diperoleh suatu gambaran yang bermanfaat dari semua data yang telah diperoleh. Metode analisa data yang digunakan adalah metode analisa data model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun kesimpulan hasil penelitian ini adalah metode pengembangan sumber daya manusia yang diterapkan oleh PT. Bimasakti Mahawira – Medan tahun 2014 adalah metode pelatihan (on the job dan apprenticeship) dan metode pendidikan (understudies dan sensitivity training).

Kata kunci: Pelatihan, Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Mayasari, D., & Supriyanto, S. (2016). ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU MENGGUNAKAN METODE EOQ (ECONOMIC ORDER QUANTITY) PADA PT. SURYAMAS LESTARI PRIMA. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 5(1), 26-32.

Hutajulu, S. M., & Supriyanto, S. (2013). TINJAUAN PELAKSANAAN PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KARYAWAN PADA PT. INALUM KABUPATEN BATUBARA. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 2(2), 30-39.

Hasibuan, Malayu S.P. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Sulisyatini, Ambar Teguh dan Rosidah. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia: Konsep, Teori, dan Pengembangan dalam Konteks Organisasi Publik. Cetakan Pertama. Edisi Kedua. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.