Analisis Tingkat Kesehatan PT. Bank Aceh Dengan Menggunakan Metode CAMEL

Safrizal Safrizal, Hadi Muttaqin, Heppy Heppy, Indra Akbar, Ricky Ariansyah, Lisnawati Lisnawati, Mirnawati Mirnawati

Abstract


Perkembangan aktifitas perbankan yang sangat pesat serta tingkat kompleksitas yang tinggi dapat mempengaruhi kondisi suatu bank. Kompleksitas usaha perbankan yang tinggi dapat meningkatkan resiko yang dihadapi oleh bank-bank yang ada di Indonesia. Tujuan penelitian  ini adalah untuk mengetahui tingkat kesehatan PT. Bank Aceh periode 2012 sampai 2014. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif  kuantitatif dengan menggunakan metode CAMEL yang meliputi Faktor Permodalan (Capital), Kualitas Aktiva (Asset Quality), Rentabilitas (Earning), dan Likuiditas (Liquidity). Berdasarkan analisis diketahui bahwa secara keseluruhan dapat dinyatakan PT. Bank Aceh dalam kondisi Sangat Sehat dan menempatkan pada posisi-1 berdasarkan ketentuan yang sudah dibuat oleh Bank Indonesia.

Kata Kunci: Tingkat Kesehatan Bank, Metode CAMEL

Full Text:

PDF

References


Supriyanto, S. (2018). PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP PENDAPATAN SAHAM PERBANKAN DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 2(1), 39-53.

Supriyanto, S., & Lestari, W. (2015). ANALISIS KINERJA KEUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC VALUE ADDED PADA PT. BANK MANDIRI (PERSERO), TBK. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 4(1), 53-61.

Arikunto, S (2010). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Bank Indonesia (2011), Surat Edaran BI No.13/24/DPNP 25 Oktober 2011


Refbacks

  • There are currently no refbacks.