Peningkatan Efisiensi dan Performa Motor Listrik Berbasiskan PID dan Fuzzy

Hendry Hendry, Febriadi Butar Butar, Jonli Candra Situmorang, Richard MT Sitorus Pane, Antonius H Silaen, Okky Valdano, Solly Aryza

Abstract


Paper ini membahas masalah kontrol frekuensi tegangan terbangkit pada Generator set dengan kondisi beban berubah. Frekuensi tegangan pembangkit sangat berhubungan dengan kecepatan putaran penggerak utama. Generator set yang telah digunakan pada penelitian ini memiliki penggerak utama ini menggunakan sistem bahan bakar karburator dan memiliki kapasitas 1KVA. Peraturan posisi sikat ini sangat dapat mempengaruhi kinerja dari suatu motor listrik. Maka dengan memposisikan letak sikat pada komutator akan mendapat efisiensi dan torsi yang baik dari motor DC tersebut, sehingga torsi dapat bekerja lebih baik lagi. Pada tulisan kali ini, penulis telah menganalisis perbandingan antara pengaruh posisi sikat terhadap efisiensi dan torsi pada motor DC kompan panjang dengan motor DC kompon pendek. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis, ditemukan sudut sikat sebesar 30o disebelah kanan dari posisi tengah.  Ini telah menghasilkan efesiensi dan torsi tertinggi pada masing-masing jenis motor DC yang sudah di uji. Motor listrik merupakan sebuah perangkat elektromagnetis yang mengubah Energi Listrik menjadi Energi Mekanik. Energi Mekanik ini digunakan memutar impeller pompa, fan atau blower, menggerakan kompresor, mengangkat bahan, dll. Motor listrik digunakan juga di rumah dan juga digunakan di industri. Motor listrik sering juga dikatakan dengan “kuda kerjanya industri” karena menggunakan motor-motor yang memakai 70% beban listrik total dari industri. Tujuan dari diujinya performance dari motor listrik 3 fasa ini adalah memperoleh kurva performa daya, torsi dan efisiensi.

Kata Kunci: Generaator Set Motor Listrik, PID, Fuzzy

Full Text:

PDF

References


Ananda, S. A. (2003). Studi Karakteristik Motor DC Penguat Luar Terhadap Posisi Sikat. SURABAYA: Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Kristen Petra.

Ananda, S. A. (2003). Studi Karakteristik Motor DC Penguat LuarTerhadap Posisi Sikat . Surabaya: Fakultas TeknologiIndustri, Universitas Kristen Petra.

Dodot. (2009). Motor Listrik Arus Bolak-balik. Http://masdodod.files.wordpress.com/2009/03/02- bab-05-motor-listrik-ac.pdf.

Kundur P. (1994). Power System Stability and Control. USA: McGraw-Hill.

P., K. Power System Stability and Control.

Passino, M. Y. (1998). Fuzzy Control. USA: Addison Wesley Longman.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.