Sistem Monitoring Suhu dan Relay Pada Mesin Roasting Kopi Dengan Arduino UNO R3

Martin Fajar Waruwu, Mufti Mufti

Abstract


Kopi merupakan minuman yang terkenal tidak hanya di Indonesia melainkan di seluruh dunia. Hal ini karena seduhan kopi memiliki aroma yang khas yang tidak dimiliki oleh minuman lainnya. Selain itu, kopi juga memiiki sejarah , budaya, ekonomi yang kuat di Indonesia. Roasting merupakan langkah penting dalam produksi kopi bubuk, dimana pembentukan aroma dan rasa yang khas dari kopi ditentukan pada tahap ini. Dari produksi nasional biji kopi, hanya 20% yang diproses dan dipasarkan di bentuk produk sekunder seperti kopi panggang, kopi bubuk dan kopi instan. Untuk itu akan dibuatkan Sistem Monitoring Suhu Dan Relay Pada Mesin Roasting Kopi Dengan Arduino UNO R3 menggunakan Mikrokontroler Arduino UNO, Thermocouple Type K, Amplifire AD8945, Motor Servo, Relay, dan Digital Buzzer. Yang bertujuan untuk memantau proses pemanggangan dengan sistem komputerisasi dan memberikan hasil panggangan yang tetap stabil dan sama. Aplikasi ini dibuat sedemikian rupa agar dapat mudah dipergunakan oleh pemanggang. Dengan adanya aplikasi ini, user tidak perlu mengawasi tinggi atau rendahnya suhu pada mesin roasting karena suhu akan terus terjaga kestabilannya, dan juga menjaga kestabilan hasil biji kopi setelah proses roasting.

Kata Kunci: Monitoring, Suhu, Mikrokontroler, Arduino, Relay, Motor.


Full Text:

PDF

References


Schenker, S., C. Heinemann, M. Huber, R. Pompizzi, R. Perren, And F. Escher. 2002. Impact of Roasting Conditions on The Formation of Aroma Compounds in Coffee Beans. Journal of Food Science-Vol. 67, Nr. 1. Institute of Food Technologists.

Folmer, B. (2014). How Can Science Help To Create New Value In Coffee? Food Research International

Ginting, Wawan, Munir, Achwil Putra, Rindang, Adian dan Susanto, Edi. (2013). Rancang Bangun Alat Penyangrai Kopi Mekanis Tipe Rotari..


Refbacks

  • There are currently no refbacks.