Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Duta Kampus Menggunakan Metode AHP Dan VIKOR

Mardiyah Lubis

Abstract


Sistem Pendukung Keputusan adalah Suatu bagian dari sistem informasi yang sudah berbasis komputer yang mana terdapat didalam sistem yang berbasis pengetahuan dan manajemen. Sistem Pendukung Keputusan digunakan  sebagai suatu  pendukung pengambilan sebuah keputusan  yang  mana terdapat dalam suatu organisasi  perusahaan, universitas dan perguruan tinggi yang mana dalam pengambilan keputusannya itu sendiri bersifat semi terstruktur yang spesifik dalam sebuah masalah dalam pemilihan duta kampus, serta dapat juga memberikan suatu alternatif-alternatif keputusan yang lebih baik dalam pemilihan duta kampus tersebut,  sehingga dalam pemilihan duta kampus  dapat membantu, memantau dalam merumuskan  masalah dalam suatu keadaan dengan cara efektif.  Duta itu sendiri merupakan salah pejabat tinggi yang telah dipilih, disahkan serta ditugaskan oleh pemerintah secara khusus dari negara ke negara lain dalam mewakilin suatu negara organisasi, perusahaan, universitas dan perguruan tinggi. Serta didalam kalangan kampus juga diadakan ajang pemilihan duta kampus, Namun duta kampus itu sendiri merupakan seorang Mahasiswa yang telah dipilihan dengan cara melakukan tahap-tahap yang telah disetujui oleh kampus dan nantinya seorang duta kampus akan menjadikan suatu duta, pemimpi, panutan dan suatu icon dalam kalangan Universitas atau perguruan tinggi serta contoh baik buat mahasiswa lainnya. maka Hal ini dalam pemilihan duta kampus dalam pemerintah organisasi dan perusahaan khususnya dalam universitas harus mempunyai suatu kriteria yang benar-benar sesuai dengan kriteria dalam pemilihan duta kampus yang telah disesuaikan oleh universitas diantara lain administrasi/pemberkasan, penentuan IP, mempunyai tanlenta yang bagus, mempunyai wawasan dan pengetahuan yang meluas. Maka didalam penerapan Metode AHP dan Vikor inilah yang dapat menentukan dan meyelesaikan dalam pemilihan duta kampus berdasarkan suatu kriteria dan alternatif dengan menggunakan rumus yang dapat hasilnya dapat lebih akurat, efektif, efisien, fakta, tepat sasaran serta benar-benar sesuai yang diinginkan dikalangan universitas.

Kata kunci: AHP, Duta Kampus, SPK, VIKOR


Full Text:

PDF

References


N. Mursalin, “MAHASISWA GENERASI BERENCANA BKKBN,” vol. 9, pp. 301–308, 2017.

K. J. Hondro, Y. Franky, and H. Batubara, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Duta Kampus Terbaik Mengunakan Multi Objective Optimization on The Basis of Ratio Analysis ( MOORA ),” pp. 501–506, 2018.

K. Andryan, S. Effendi, E. Santoso, and N. Hidayat, “Implementasi Metode TOPSIS Untuk Penentuan Finalis Duta Wisata Joko Roro Kabupaten Malang ( Studi Kasus : Paguyuban Joko Roro ),” vol. 2, no. 2, 2018.

M. Aritonang, R. Pratiwi, and F. Syahputra, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Duta Wisata Menggunakan Metode WASPAS,” pp. 705–709, 2018.

M. Misdram, “LINGKUNGAN SEKOLAH ADIWIYATA DENGAN METODE FUZZY DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING ( SAW ),” vol. 10, no. 1, 2018.

V. Imanuwelita, R. Regasari, M. Putri, and F. Amalia, “Penentuan Kelayakan Lokasi Usaha Franchise Menggunakan Metode AHP dan VIKOR,” vol. 2, no. 1, pp. 122–132, 2018.

J. Lemantara, N. A. Setiawan, and M. N. Aji, “Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Menggunakan Metode AHP dan Promethee,” Jnteti, vol. 2, no. 4, pp. 20–28, 2013.

A. Harsono, H. Prassetyo, and N. Arqom, “Metode Pemilihan Pemasok Sayuran di Supermarket dengan Metode AHP dan PROMETHEE,” J. Itenas Rekayasa Inst. Teknol. Nas., pp. 184–195, 2009.

A. A. Chamid and A. C. Murti, “Kombinasi Metode Ahp Dan Topsis Pada Sistem Pendukung Keputusan,” Pros. SNATIF Ke-4, pp. 115–119, 2017.

P. P. P. A. N. W. F. I. R. H. Zer and A. P. Windarto, “ANALISIS PEMILIHAN REKOMENDASI PRODUK TERBAIK PRUDENTIAL BERDASARKAN JENIS ASURANSI JIWA BERJANGKA UNTUK KECELAKAAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS ( AHP ),” vol. 3, no. 1, pp. 78–82, 2018.

H. Nurdiyanto and Heryanita Meilia, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PRIORITAS PENGEMBANGAN INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH DI LAMPUNG TENGAH MENGGUNAKAN ANALITICAL HIERARCHY PROCESS (AHP),” in Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2016, 2016, no. February, pp. 1–7.

A. Wanto and E. Kurniawan, “Seleksi Penerimaan Asisten Laboratorium Menggunakan Algoritma AHP Pada AMIK-STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar,” J. Inform. dan Komput., vol. 3, no. 1, pp. 11–18, 2018.

M. I. S, Mesran, D. Siregar, and Suginam, “BERLANGGANAN MENERAPKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS ( AHP ),” Media Inform. Budidarma, vol. 1, no. 2, pp. 42–48, 2017.

A. A. Trisnani, D. U. Anwar, W. Ramadhani, M. M. Manurung, and A. P. U. Siahaan, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Berprestasi Menerapkan Metode Vise Kriterijumska Optimizajica I Kompromisno Resenje (VIKOR),” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 5, no. 2, pp. 85–90, Apr. 2018.

G. & I. K. P. S. Suwardika, “Penerapan Metode VIKOR pada Pengambilan Keputusan Seleksi Calon Penerima Beasiswa Bidikmisi Universitas Terbuka,” vol. 2, no. 1, pp. 24–35, 2018.

Y. J. B. Parrangan et al., “The Implementation of VIKOR Method to Improve the Effectiveness of Sidi Learning Graduation,” Int. J. Eng. Technol., vol. 7, pp. 264–267, 2018.

K. Umam, V. E. Sulastri, T. Andiri, D. U. Sutiksno, and Mesran, “Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Produk Unggulan Daerah Menggunakan Metode VIKOR,” J. Ris. Komput., vol. Vol 5, no. 1, pp. 43–49, 2018.

D. Siregar et al., “Multi-Attribute Decision Making with VIKOR Method for Any Purpose Decision,” in Journal of Physics: Conference Series, 2018, vol. 1019, no. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.