Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Terbaik Menggunakan Metode Additive Ratio Assessment (ARAS)

Marwa Sulehu, Liza Handayani

Abstract


Guru adalah salah satu panutan dalam dunia pendidikan yang berperan sebagai pendidik, pembimbing, penilai serta sebagai contoh teladan terhadap anak didik yang diajarkannya. Predikat guru terbaik merupakan salah satu contoh untuk meningkatkan mutu dari kualitas pendidikan tersebut.Banyaknya guru yang ada sulit untuk melakukan keputusan pemilihan guru terbaik secara cepat dan akurat serta membutuhkan waktu yang lama dalam perhitungannya.Dari penjelasan tersebut peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian guru terbaik menggunakan metode Additive Ratio Assessment (ARAS) dalam suatu sistem pendukung keputusan.Metode Additive Ratio Assessment (ARAS) ini dipilih karena dapat menentukan nilai bobot untuk setiap kriteria, kemudian dilanjutkan dengan proses perankingan yang akan menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif yang ada. Dalam hal ini alternatif yang dimaksud adalah penentuan guru terbaik. Dengan metode perangkingan tersebut diharapkan penilaian akan lebih tepat karena didasarkan pada nilai kriteria dan bobot yang sudah ditentukan sehingga akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Kata kunci: Additive Ratio Assessment (ARAS), Pemilihan Guru, Alternatif, Kriteria

Full Text:

PDF

References


L. Ciky et al., “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Team Leader Shift Terbaik Dengan Menggunakan Metode Aras Studi Kasus Pt . Anugrah Busana Indah,” vol. 13, 2018.

Tetty Rosmaria Sitompul dan Nelly Astusti Hasibuan, “Untuk Security Service Menggunakan Metode Aras,” vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2018.

H. Susanto, “Penerapan Metode Additive Ratio Assessment ( Aras ) Dalam Pendukung Keputusan Pemilihan Susu Gym,” Maj. Ilm. INTI, vol. 13, pp. 1–5, 2018.

D. Nofriansyah and S. Defit, Multi Criteria Decision Making (MCDM) pada Sistem Pendukung Keputusan. 2018.

S. Kusumadewi, S. Hartati, A. Harjoko, and R. Wardoyo, Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

G.-H. Tzeng and J.-J. Huang, Multiple Attribute Decision Making Method And Applications. CRC Press, 2011.

K. M.Kom, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukun Keputusan. Yogyakarta: C.V. Andi Offset, 2007.

Esra; and AyĢegül, “AIR CONDITIONER SELECTION PROBLEM WITH COPRAS AND ARAS METHODS,” Manas J. Soc. Stud., vol. 5, no. 2, 2016.

M. A. Hasmi, B. Nadeak, N. Sitompul, and M. Mesran, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN INSTRUKTUR FITNESS MENERAPKAN METODE ADDITIVE RATIO ASSESSMENT ( ARAS ) ( STUDI KASUS : VIZTA GYM MEDAN ),” KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 2, no. 2010, pp. 121–129, 2018.

E. K. Zavadskas and Z. Turskis, “A new additive ratio assessment ( ARAS ) method in multicriteria decision ‐ making,” vol. 8619, 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.