Implementasi Smart Card Pada Sistem Kemanan Perguruan Tinggi

Akbar Iskandar, Aswin Saputra Rais, Mesran Mesran

Abstract


Perkembangan teknologi pada lingkup perguruan tinggi yang menyebabkan para akademisi untuk selalu berusaha membuat sebuah terobosan berupa alat yang dapat membantu pekerjaan manusia dalam setiap aktifitasnya, Sebagai contoh, hampir disetiap perguruan tinggi, perkantoran, pabrik, toko, maupun instansi pemerintah berusaha untuk menyediakan fasilitas alat kontrol automatis yang dapat mempermudah pekerjaan manusia karena untuk meminimalisir setiap kelemahan yang ada. Maka dari itu dengan perangkat aplikasi keamanan berbasis smart card ini dapat membantu security dalam memfilter setiap tamu atau pihak-pihak yang tidak berkepentingan. Sebagaimana yang banyak terjadi diperguruan tinggi tentang pencurian helm maupun laptop baik milik mahasiswa maupun milik perguruan tinggi tersebut, karena sistem keamanan masih sangat rentan dengan kasus pencurian, terutama pencurian kendaraaan bermotor. Hal ini disebakan karena petugas keamaan tidak hanya memperhatikan semua mahasiswa yang keluar masuk di lingkungan kampus. Sehubungan dengan hal tersebut, maka yang harus dilakukan adalah membangun Sistem Kemanan Berbasis Smart Card. Sehingga dengan Alat yang dibuat tersebut mampu mempermudah pekerjaan petugas untuk membuka dan menutup portal secara automatis, sedangkan tim security dengan jumlah personil yang terbatas akan lebih fokus untuk memperhatikan keamanan kampus.

Kata Kunci: System Cerdas, Mikrokontroler, Smart Campus, Teknologi


Full Text:

PDF

References


O. B. Kharisma, H. Burhanuddin, and P. Utama, “Pengembangan Sistem Pengaman Pintu Laboratorium Robotika Uin Sultan Syarif Kasim Berdasarkan Siulan Berbasis Sensor Fc-04 Dan Mikrokontroler Atmega 328,” J. Sains dan Teknol. |, vol. 7, no. 1, pp. 114–125, 2018.

D. F. Sumajouw, M. E. I. Najoan, and S. R. U. A. Sompie, “Perancangan Sistem Keamanan Rumah Tinggal Terkendali Jarak Jauh,” E-journal Tek. Elektro dan Komput., vol. 1, no. 1, pp. 44–53, 2015.

M. Chamdun, A. F. Rochim, and E. D. Widianto, “Sistem Keamanan Berlapis pada Ruangan Menggunakan RFID (Radio Frequency Identification) dan Keypad untuk Membuka Pintu Secara Otomatis,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 2, no. 3, pp. 187–194, 2014.

D. Kurnianto, A. M. Hadi, and E. Wahyudi, “Perancangan Sistem Kendali Otomatis pada Smart Home menggunakan Modul Arduino Uno,” J. Nas. Tek. Elektro, vol. 5, no. 2, 2016.

M. Muslihudin, W. Renvillia, Taufiq, A. Andoyo, and F. Susanto, “Implementasi Aplikasi Rumah Pintar Berbasis Android Dengan Arduino Microcontroller,” J. Keteknikan dan Sains, vol. 1, no. 1, pp. 23–31, 2018.

Z. Budiarso, E. Winarno, and H. Listiyono, “Implementasi Teknik I / O Interfacing berbasis Arduino,” J. Teknol. Inf. Din., vol. 20, no. 1, pp. 86–92, 2015.

Bahrin, “Sistem kontrol penerangan menggunakan arduino uno pada universitas ichsan gorontalo,” Ilk. J. Ilm., vol. 9, no. 3, pp. 282–289, 2017.

A. Mubarok, I. Sofyan, A. A. Rismayadi, and I. Najiyah, “Sistem Keamanan Rumah Menggunakan RFID, Sensor PIR dan Modul GSM Berbasis Mikrokontroler,” J. Inform., vol. 5, no. 1, pp. 137–144, 2018.

G. Mahalakshmi and M. Vigneshwaran, “IOT Based Home Automation Using Arduino,” Int. J. Eng. Adv. Res. Technol., vol. 3, no. 8, pp. 1–6, 2017.

A. Iskandar, Muhajirin, and Lisah, “Sistem keamanan pintu berbasis arduino mega,” J. Inform. Upgris, vol. 3, no. 2, pp. 99–104, 2017.

Sukarjadi, D. T. Setiawan, Arifiyanto, and M. Hatta, “Perancangan Dan Pembuatan Smart Trash Bin Berbasis Arduino UNO Di Universitas Maarif Hasyim Latif,” Tek. Eng. Sains J., vol. 1, no. 2, pp. 101–110, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.