Implementasi ARAS (Additive Ratio Assessment) Dalam Pemilihan Kasir Terbaik Studi Kasus Outlet Cardinal Store Plaza Medan Fair

Rachmad Fachrizal

Abstract


PT. MULTIGARMENJAYA (CARDINAL) merupakan salah satu perusahaan yang telah memiliki karyawan atau tenaga kerja yang cukup lumayan banyak. Dengan beberapa cabangnya yang tersebar keseluruh Indonesia, PT. MULTIGARMENJAYA ini memiliki kurang lebih dari 7000 tenaga kerja. Penerimaan tenaga kerja pun akan terus berlangsung selama ada pembukaan swalayan atau mall-mall dan pusat pembelanjaan lainya, perusahaan tersebut juga sangat membutuhkan tambahan karyawan atau tenaga kerja untuk pengembangan atau pengisian formasi atau kedudukan yang kosong seperti dibagian kasir dan kedududakan lainnya. Subjek dari penelitian ini adalah membuat sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan yang digunakan untuk membantu proses pemilihan karyawan yang sesuai dengan kriteria-kriteria yang ditetapkan oleh pihak manajemen PT. MULTIGARMENJAYA. Desain sistem dengan model proses modified waterfallmencakup definisi persyaratan yang dibutuhkan user agar dapat merancang sistem untuk pemodelan proses, pemodelan data dan user interface. Pada penelitian yang dilakukan ini diharapkan dapat menghasilkan suatu aplikasi atau perangkat lunak untuk Implementasi ARAS (Additive Ratio Assessment) Dalam Pemilihan Kasir (Karyawan bagian Kasir) Terbaik Studi Kasus di Outlet Cardinal Store di Plaza Medan Fair yang dapat digunakan untuk manajemen data para calon karyawan dan beberapa kriteria-kriteria yang terkomputerisasi mulai dari penyesuaian alternatife, hitung pembobotan, perhitungan nilai dominasi, hitung preferensi, perhitungan nilai indeks dan perhitungan metode ARAS (Additive Ratio Assessment).

Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Karyawan Kasir, Implementasi Metode Additive Ratio Assessment (ARAS)


Full Text:

PDF

References


D. Nofriansyah and S. Defit, Multi Criteria Decision Making (MCDM) pada Sistem Pendukung Keputusan. 2018.

I. Saputra, S. I. Sari, and Mesran, “PENERAPAN ELIMINATION AND CHOICE TRANSLATION REALITY ( ELECTRE ) DALAM PENENTUAN KULKAS TERBAIK,” KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. I, pp. 295–305, 2017.

Tetty Rosmaria Sitompul dan Nelly Astusti Hasibuan, “Untuk Security Service Menggunakan Metode Aras,” vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2018.

L. Ciky et al., “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Team Leader Shift Terbaik Dengan Menggunakan Metode Aras Studi Kasus Pt . Anugrah Busana Indah,” vol. 13, 2018.

S. Kusumadewi, S. Hartati, A. Harjoko, and R. Wardoyo, Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

K. M.Kom, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukun Keputusan. Yogyakarta: C.V. Andi Offset, 2007.

H. Susanto, “Penerapan Metode Additive Ratio Assessment ( Aras ) Dalam Pendukung Keputusan Pemilihan Susu Gym,” Maj. Ilm. INTI, vol. 13, pp. 1–5, 2018.

M. A. Hasmi, B. Nadeak, N. Sitompul, and M. Mesran, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN INSTRUKTUR FITNESS MENERAPKAN METODE ADDITIVE RATIO ASSESSMENT ( ARAS ) ( STUDI KASUS : VIZTA GYM MEDAN ),” KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 2, no. 2010, pp. 121–129, 2018.

S. Eniyati, “Perancangan Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan untuk Penerimaan Beasiswa dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting),” Teknol. Inf. Din., vol. 16, no. 2, p. 7, 2011.

D. Nofriansyah, Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan. 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.