Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lembaga Bimbingan Belajar Bagi Calon Peserta SBMPTN Menggunakan Metode Promethee II

Rahma Dewi

Abstract


SBMPTN(seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri) merupakan pemilihan atau seleksi penerimaan bagi calon mahasiswa baru baik program sarjana(S1) maupun program diploma(D3) yang diselenggarakan oleh Institusi Nirlaba LTMPT (Lembaga tes masuk perguruan tinggi).Lembaga nonprofit ini tidak hanya bertugas mengadakan ujian sbmptn saja tetapi juga mengelola serta mengolah data calon mahasiswa baru sebagai bahan seleksi SNMPTN maupun SBMPTN oleh rektor setiap PTN.Diindonesia terdapat banyak sekali tempat lembaga bimbingan belajar khususnya dimedan setiap lembaga memiliki sarana dan prasarana yang berbeda yang disesuaikan dan dibutuhkan oleh calon peserta smbtn selain itu peran calon peserta sbmptn sangat dibutuhkan untuk memilih lembaga bimbingan belajar yang tepat untuk dirinya agar tidak menyesal dikemudian harinya. Tujuan diadakan program SBMPTN ini adalah untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang diprediksi dapat menuntaskan studi di perguruan tinggi dengan baik dan juga,tepat waktu selain itu ujian seleksi SBMPTN itu juga dapat memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa baru untuk bisa memilih PTN yang diinginkan di satu lintas wilayah untuk itu di perlukan lah lembaga bimbingan belajar untuk calon peserta sbmptn agar mempermudah mereka dalam menjawab setiap soal yang diberikan.Sistem Pendukung Keputusan (SPK) adalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer yang dipakai untuk menggambil keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan. Dengan adanya Sistem Pendukung Keputusan (SPK) ini sangatlah membantu dalam pemilihan lembaga bimbingan belajar bagi calon peserta SBMPTN, agar pemilihan lembaga bimbingan belajar menjadi lebih akurat dan tepat sasaran.  Dalam penelitian pemilihan lembaga bimbingan belajar menggunakan metode Promethee II untuk menentukan kelayakan dalam pemilihan lembaga bimbingan belajar bagi calon peserta sbmptn.

Kata Kunci: Pendukung Keputusan, Pemilihan Lembaga Belajar, PROMETHEE II


Full Text:

PDF

References


E. Sofa, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Bibit Sapi Berkualitas Dengan Metode Topsis,” pp. 6–12, 2014.

S. Ramadhani and U. Anis, “Jurnal Teknika Jurnal Teknika,” vol. 1, no. 2, pp. 29–34, 2009.

M. Mesran, I. Saputra, and M. Ariska, “Penerapan Metode Promethee II Pada Sistem Layanan Dan Rujukan Terpadu ( SLRT ) ( Studi Kasus : Dinas Sosial Kabupaten Deli Serdang ),” KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. I, pp. 276–285, 2017.

S. A. B. Sadikon and Z. M. B. Zainuddin, “Application of the PROMETHEE II Method in Overcoming the Bottleneck Problem in An Emergency Department,” pp. 170–183.

I. Hamdani, M. Fadli, R. Fadoli, M. Mesran, and R. Rahim, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Vokalis Terbaik Menggunakan PROMETHEE II,” in Seminar Nasional Sains & Teknologi Informasi (SENSASI), 2018, pp. 391–402.

M. Mesran, P. Pristiwanto, and I. Sinaga, “Implementasi Promethee II Dalam Pemilihan Pestisida Terbaik Untuk Perawatan Daun Pada Tanaman Cabe,” CESS (Journal Comput. Eng. Syst. Sci., vol. 3, no. 2, pp. 46–53, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.