Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kepala Produksi Terbaik Menggunakan Metode Additive Ratio Assessment (ARAS)

Fatimah Pohan, Astari Br Ginting, Astari Br Ginting

Abstract


Kepala produksi adalah merupakan kepala bagian produksi mengkoordinasi pekerjaan di bawahnya untuk bekerja sesuai standard masing-masing pekerja. Kepala produksi harus memiliki kemampuan meminpin yang kuat dan komunikasi yang baik serta membangun team yang dapat berkerja sama. Banyaknya calon kepala produksi yang ada dan mempunyai kemampuan yang berbeda sulit untuk melakukan keputusan pemilihan kepala produksi terbaik secara cepat dan akurat serta membutuhkan waktu yang lama dalam perhitungannya.Berdasarkan permasalahan diatas peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian kepala produksi terbaik dalam sistem pengambilan keputusan menggunakan metode Additive Ratio Assessment (ARAS). Dengan menggunakan metode Additive Ratio Assessment (ARAS) dapat menentukan nilai bobot untuk setiap kriteria, dan dilanjutkan dengan perangkingan yang membandingankan setiap alternatif  sehingga mendapatkan altrnatif terbaik  dari setiap alternative yang ada. Dalam hal ini alternatif yang dimaksud adalah penentuan kepala produksi terbaik.Dengan metode perangkingan tersebut diharapkan mendapatkan hasil terbaik karena metode ini menggunaakan bobot dan kriteria yang sudah ada sehingga mendapatkan hasil yang terbaik.

Kata Kunci: Additive Ratio Assessment (ARAS), Pemilihan Kepala Produksi, Alternatif, Kriteria.


Full Text:

PDF

References


Tetty Rosmaria Sitompul dan Nelly Astusti Hasibuan, “Untuk Security Service Menggunakan Metode Aras,” vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2018.

H. Susanto, “Penerapan Metode Additive Ratio Assessment ( Aras ) Dalam Pendukung Keputusan Pemilihan Susu Gym,” Maj. Ilm. INTI, vol. 13, pp. 1–5, 2018.

D. Nofriansyah and S. Defit, Multi Criteria Decision Making (MCDM) pada Sistem Pendukung Keputusan. 2018.

S. Kusumadewi, S. Hartati, A. Harjoko, and Retantyo Wardoyo, “Fuzzy Multi Attribute Decision Making (FUZZY MADM),” Ed. Pertama Cetakan Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta., 2006.

G.-H. Tzeng and J.-J. Huang, Multiple Attribute Decision Making Method And Applications. CRC Press, 2011.

Kusrini, Sistem Pendukung Keputusan dan Aplikasinya. Yogyakarta: Andi, 2007.

M. A. Hasmi, B. Nadeak, N. Sitompul, and M. Mesran, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN INSTRUKTUR FITNESS MENERAPKAN METODE ADDITIVE RATIO ASSESSMENT ( ARAS ) ( STUDI KASUS : VIZTA GYM MEDAN ),” KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 2, no. 2010, pp. 121–129, 2018.

E. K. Zavadskas and Z. Turskis, “A new additive ratio assessment ( ARAS ) method in multicriteria decision ‐ making,” vol. 8619, 2011.

L. Ciky et al., “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Team Leader Shift Terbaik Dengan Menggunakan Metode Aras Studi Kasus Pt . Anugrah Busana Indah,” vol. 13, 2018.

Esra; and AyĢegül, “AIR CONDITIONER SELECTION PROBLEM WITH COPRAS AND ARAS METHODS,” Manas J. Soc. Stud., vol. 5, no. 2, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.