Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Bahan Pembuatan Kue Lupis Terbaik Menerapkan Metode PROMETHEE II

Syahri Ramadhani Siregar

Abstract



Nama Kue Lupis mungkin sudah tak asing lagi di telinga kita. Kue yang merupakan jajanan tradisional khas Indonesia ini cukup populer bagi masyarakat Indonesia khususnya pulau Jawa. Tak hanya di Jawa, di beberapa daerah lain juga mengenal kue lupis. Kue Lupis umumnya berbentuk segitiga, namun ada pula yang berbentuk bulat memanjang.Kue  ini biasanya sangat digemari oleh warga betawi tapi selain warga betawi banyak orang yang suka kue lupis.Kue ini dapat dijangkau oleh anak kecil,orang tua hingga orang dewasa.Jika ingin membeli  kue  ini sangat mudah,karena biasanya yang menjual kue lupis adalah warga betawi asli.Sampai saat ini kue lupis masih menjadi salah satu makanan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Siapa yang tidak menyukai panganan murah meriah ini, dari masyarakat rendah, menengah, dan atas semua menyukai makanan yang satu ini. Biasanya kue lupis dapat kita temukan di pasar tradisional, di toko swalayan, galeri kue, dan penjual kue keliling. Dalam jurnal ini penulis melakukan perhitungan ataupun penelitian untuk membantu para penikmat kue lupis untuk menentukan bahan pembuatan lupis terbaik menggunakan metode Promethee II agar mendapatkan hasil yang optimal dan akurat.

Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Bahan Kue Lupis, Promethee II


Full Text:

PDF

References


D. Jurusan, T. Informatika, F. Teknik, and U. Islam, “Jurnal Teknika,” vol. 2, no. 2, pp. 37–44.

E. L. Amalia, D. W. Wibowo, and S. P. Keputusan, “PENERAPAN METODE PROMETHEE DALAM SELEKSI,” vol. 11, no. 1, pp. 35–49, 2017.

S. Solusi and C. Untuk, “1 2 3 4,” vol. 3, no. 1, pp. 38–45, 2018.

M. Wafi, R. S. Perdana, and W. Kurniawan, “Implementasi Metode Promethee II untuk Menentukan Pemenang Tender Proyek ( Studi Kasus : Dinas Perhubungan dan LLAJ Provinsi Jawa Timur ),” vol. 1, no. 11, pp. 1224–1231, 2017.

P. Studi, I. Komputer, U. Islam, N. Sumatera, and U. Medan, “Analisa sistem pendukung keputusan menggunakan metode topsis untuk sistem penerimaan pegawai pada sma al washliyah tanjung morawa,” vol. 6341, no. April, pp. 40–46, 2018.

D. I. Mtsn, B. Sukoharjo, and K. Huda, “DENGAN METODE PROMETHEE BEBASIS WEB,” pp. 1–6.

M. O. Pohan and N. Aprilia, “Implementasi Metode WASPAS Dalam Penentuan Jenis Gabah Terbaik Kualitas Ekspor,” pp. 327–330, 2018.

D. Nofriansyah and S. Defit, Multi Criteria Decision Making (MCDM) pada Sistem Pendukung Keputusan. 2018.

S. Kusumadewi, S. Hartati, A. Harjoko, and Retantyo Wardoyo, “Fuzzy Multi Attribute Decision Making (FUZZY MADM),” Ed. Pertama Cetakan Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta., 2006.

E. Novida, H. Sunandar, and I. Pendahuluan, “Sistem pendukung keputusan pemilihan produk lensa kacamata menggunakan metode promethee ii,” vol. 17, pp. 71–78, 2018.

M. Mesran, I. Saputra, and M. Ariska, “Penerapan Metode Promethee II Pada Sistem Layanan Dan Rujukan Terpadu ( SLRT ) ( Studi Kasus : Dinas Sosial Kabupaten Deli Serdang ),” KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. I, pp. 276–285, 2017.

S. A. B. Sadikon and Z. M. B. Zainuddin, “Application of the PROMETHEE II Method in Overcoming the Bottleneck Problem in An Emergency Department,” pp. 170–183.

A. V. Manikrao and C. Shankar, “Facility Location Selection using PROMETHEE II Method,” Int. Conf. Ind. Eng. Oper. Manag. Dhaka, pp. 59–64, 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.