Penerapan Metode Aras Dalam Pemilihan Asisten Perkebunan Terbaik Pada PTPN V

Fadila Pratiwi, Fince Tinus Waruwu, Dito Putro Utomo, Rian Syahputra

Abstract


Sistem Pendukung Keputusan adalah suatu bagian dari sistem informasi yang berbasis komputer yang dipakai untuk mendukung pengambilan atau pemilihan keputusan yang tepat dan akurat dalam suatu organisasi dan perusahaan/instansi. Dapat juga dikatakan sebagai sistem komputer yang dapat mengolah data menjadi informasi untuk mengambil keputusan dari permasalahan yang ada. Dalam penelitian ini, akan dilakukan pembobotan kriteria-kriteria untuk pemilihan asisten perkebunan terbaik dengan menggunakan metode Additive Ratio Assessment (ARAS). Metode Additive Ratio Assessment (ARAS) merupakan metode yang digunakan untuk perangkingan. Asisten perkebunan merupakan orang yang diberikan tanggung jawab untuk  memimpin suatu afdeling. Asisten berperan sebagai membantu Manager dan Karyawan dalam melaksanakan pekerjaannya dilapangan. PTPN V adalah bekas Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit dan karet. PTPN V berkantor pusat di Pekanbaru dengan lokasi kerja di provinsi Riau.

Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Metode ARAS, Pemilihan Asisten

Full Text:

PDF

References


S. Kusumadewi, S. Hartati, A. Harjoko, and Retantyo Wardoyo, “Fuzzy Multi Attribute Decision Making (FUZZY MADM),” Ed. Pertama Cetakan Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta., 2006.

Kusrini, Sistem Pendukung Keputusan dan Aplikasinya. Yogyakarta: Andi, 2007.

H. Susanto, “Penerapan Metode Additive Ratio Assessment ( Aras ) Dalam Pendukung Keputusan Pemilihan Susu Gym,” Maj. Ilm. INTI, vol. 13, pp. 1–5, 2018.

N. A. H. Tetty Rosmaria Sitompul, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI TENAGA KERJA UNTUK SECURITY SERVICE MENGGUNAKAN METODE ARAS,” vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2018.

M. A. Hasmi, B. Nadeak, N. Sitompul, and M. Mesran, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN INSTRUKTUR FITNESS MENERAPKAN METODE ADDITIVE RATIO ASSESSMENT ( ARAS ) ( STUDI KASUS : VIZTA GYM MEDAN ),” KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 2, no. 2010, pp. 121–129, 2018.

E. K. Zavadskas and Z. Turskis, “A new additive ratio assessment ( ARAS ) method in multicriteria decision ‐ making,” vol. 8619, 2011.

Esra; and AyĢegül, “AIR CONDITIONER SELECTION PROBLEM WITH COPRAS AND ARAS METHODS,” Manas J. Soc. Stud., vol. 5, no. 2, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.