Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Tas Carrier Dengan Menggunakan Metode Preference Selection Index

Imam Saputra, Nurul Mawaddah Nst

Abstract


Tas Carrier merupakan tas punggung atau tas ransel yang bisa dibawa untuk perjalanan mendaki gunung atau travelling. Dan tas carrier juga dapat diartikan sebagai suatu produk yang disediakan oleh perusahaan yang bertujuan untuk memudahkan para pejalan dan pendaki dalam membawa barang bawaannya. Kualitas bahan adalah hal yang paling utama dalam memilih suatu produk sehingga pembeli merasa puas dan tidak kecewa dikemudian harinya,jika kualitas barang tidak bagus pembeli tidak akan tertarik untuk membelinya dan hal yang ke dua yang perlu diperhatikan adalah warna dan corak suatu produk,karena warna dan corak dapat membuat seorang konsumen tertarik akan produk yang kita pasarkan. Pada umumnya tas carrier lebih sering digunakan oleh laki laki .Keunggulan tersendiri dari tas carrier yaitu dapat membawa barang yang banyak dan berat .Tujuan atau mamfaat dari dipasarkannya tas carrier yaitu untuk mempermudah para pendaki gunung dan para traveler untuk membawa barang yang berlebih. Oleh karena itu, perlu di buat Sistem Pendukung Keputusan(SPK). Sistem Pendukung Keputusan (SPK) merupakan struktur dari sistem informasi yang berbasis komputer yang bertujuan untuk mengambil keputusan pada suatu organisasi atau perusahaan. Dengan adanya Sistem Pendukung Keputusan (SPK) ini sangatmembantu dalam pemilihan tas carrier bagi konsumen agar tidak kecewa dikemudian harinya.Dalam penelitian ini pemilihan tas carrier menggunakan metodePreference Selection Index (PSI)untuk menentukan kelayakan dalam pemilihan kualitas yang bagus. Ada beberapa kriteria yang dapat mempengaruhi dalam pemilihan tas carrier adalah biaya, kualitas bahan, berat, volume, merek.

Kata Kunci : Pendukung Keputusan, Pemilihan Tas Carrier, Preference Selection Index (PSI)


Full Text:

PDF

References


M. N. Alawi, I. Mulyana, and A. Maesya, “TAS CARRIER DENGAN METODE ELECTRE ( ELIMINATION CHOICE TRANSLATION REALITY ).”

Mesran, K. Tampubolon, R. D. Sianturi, F. T. Waruwu, and A. P. U. Siahaan, “Determination of Education Scholarship Recipients Using Preference Selection Index,” Int. J. Sci. Res. Sci. Technol., vol. 3, no. 6, pp. 230–234, 2017.

D. Nofriansyah and S. Defit, Multi Criteria Decision Making (MCDM) pada Sistem Pendukung Keputusan. 2018.

S. Kusumadewi, S. Hartati, A. Harjoko, and Retantyo Wardoyo, “Fuzzy Multi Attribute Decision Making (FUZZY MADM),” Ed. Pertama Cetakan Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta., 2006.

D. Petković, M. Madić, M. Radovanović, and V. Gečevska, “Application of the Performance Selection Index Method for Solving Machining Mcdm Problems,” Facta Univ. Ser. Mech. Eng., vol. 15, no. 1, p. 97, 2017.

Mesran, N. Huda, S. N. Hutagalung, Khasanah, and A. Iskandar, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SUPERVISOR TERBAIK PADA BAGIAN PERENCANAAN PT . PLN ( PERSERO ) AREA MEDAN MENERAPKAN PREFERENCE SELECTION INDEX,” KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 2, no. 1, pp. 403–409, 2018.

R. Attri and S. Grover, “Application of preference selection index method for decision making over the design stage of production system life cycle,” J. King Saud Univ. - Eng. Sci., vol. 27, no. 2, pp. 207–216, 2015.

M. Madić, J. Antucheviciene, M. Radovanović, and D. Petković, “Determination of laser cutting process conditions using the preference selection index method,” Opt. Laser Technol., vol. 89, no. October 2016, pp. 214–220, 2017.

S. H. Sahir et al., “The Preference Selection Index method in determining the location of used laptop marketing,” Int. J. Eng. Technol., vol. 7, no. 3.4 Special Issue 4, 2018.

R. Khorshidi and A. Hassani, “Comparative analysis between TOPSIS and PSI methods of materials selection to achieve a desirable combination of strength and workability in Al/SiC composite,” Mater. Des., vol. 52, no. June, pp. 999–1010, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.