Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Santri Terbaik di Madrasah Aliyah Swasta Dengan Menggunakan Metode ARAS

Sahmin Sahmin

Abstract


Sistem pendukung keputusan ialah sebagai sebuah sistem yang berbasis komputer atau yang terdiri dari atas komponen-komponen antara lain ialah  komponen sistem bahasa (language), komponen yang sistem pengetahuan (knowledge) dan komponen sistem yang pemerosesan masalah (problem processing) yang saling berinteraksi atas satu dengan yang lainnya, yang membantu suatu pengambilan keputusan melalui penggunaan datanya dan model-model keputusannya untuk mendapatkan pemecahkan masalah yang sifatnya semi terstruktur maupun yang tidak terstruktur. Penelitian yang dilakukan ini yang menggunakan Metode Aras dalam hal Pemberian keputusan berdasarkan kriteria yang di tentukan dengan menggunakan rumus yang hasilnya lebih akurat dan tepat sasaran, keputusan yang dilakukan di artkel ini tentang pemilihan santri terbaik merupakan tahap untuk perkembangan santri dari Madrasah Aliyah Swata dan untuk perkembangan Madrasah agar dapat lebih maju dan berkembang, serta dalam mendidik sanrti-santrinyaya agar meraih prestasi untuk generasi bangsa yang berbakat, berguna dan mempunyai kopetensi yang handal. Penelitian yang dilakukan ini adalah membuat sebuah sistem yang dapat memberikan pertimbangan dalam melakukan pengambilan keputusan santri terbaik di Madrasah Aliyah Swata.

Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Santri, ARAS (Additiv Ratio Assessment).


Full Text:

PDF

References


K. A. Bantul, “Model Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Sumber Daya di Madrasah Ibtidaiyah Ma ’ arif Giriliyo I Wukirsari Imogiri Bantul,” vol. 3, pp. 41–54, 2018.

R. Rahim, “Study Approach of Simple Additive Weighting For Decision Support System,” no. April, 2017.

S. Kasus, D. Pesantren, and D. Sobari, “PEMILIHAN SANTRI TERBAIK MENGGUNAKAN,” pp. 32–41.

Tetty Rosmaria Sitompul dan Nelly Astusti Hasibuan, “Untuk Security Service Menggunakan Metode Aras,” vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2018.

N. A. H. Tetty Rosmaria Sitompul, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI TENAGA KERJA UNTUK SECURITY SERVICE MENGGUNAKAN METODE ARAS,” vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2018.

M. A. Hasmi, B. Nadeak, N. Sitompul, and M. Mesran, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN INSTRUKTUR FITNESS MENERAPKAN METODE ADDITIVE RATIO ASSESSMENT ( ARAS ) ( STUDI KASUS : VIZTA GYM MEDAN ),” KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 2, no. 2010, pp. 121–129, 2018.

H. Susanto, “Penerapan Metode Additive Ratio Assessment ( Aras ) Dalam Pendukung Keputusan Pemilihan Susu Gym,” Maj. Ilm. INTI, vol. 13, pp. 1–5, 2018.

Esra; and AyĢegül, “AIR CONDITIONER SELECTION PROBLEM WITH COPRAS AND ARAS METHODS,” Manas J. Soc. Stud., vol. 5, no. 2, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.