Audit Sistem Informasi Pada Lampung Post Menggunakan Metode Framework Cobit 5

Selamat Soni Harsono Wijaya

Abstract


Informasi saat ini menjadi hal yang sangat penting, terutama terhadap organisasi yang menggunakan teknologi Informasi (TI) sebagai pendukung proses bisnisnya dan Lampung Post (Lampost) merupakan perusahaan yang menggunakan TI untuk mendukung proses bisnisnya. Namun dalam perkembangannya, kemajuan teknologi juga dijadikan peluang untuk melakukan kriminalitas di dunia maya atau media lainnya yang kerap dikenal dengan istilah kejahatan siber. Kegiatan kejahatan dunia maya yang sedang marak saat ini adalah cracking. Cracking pernah terjadi dengan mengambil alih website Lampost.co dan juga mengubah isi content website yang menimbulkan kerugian bagi pihak Lampost dan juga rekanan perusahaan yang masih berada dalam satu group perusahaan. Untuk menjaga keamanan sistem informasi perusahaan maka dibutuhkan suatu teknologi atau sistem dengan tata kelola keamanan informasi yang baik untuk menjaga aset informasi dan mencegah terjadinya aktivitas cracking yang merugikan perusahaan. Untuk itu perlu adanya audit sistem informasi untuk menilai capability level tata kelola teknologi informasi perusahaan saat ini dan yang diharapkan. Penelitian tentang audit sistem informasi ini menggunakan framework COBIT 5 untuk mencari solusi perbaikan sistem tata kelola teknologi informasi perusahaan dan menggunakan skala 0-5 dalam penentuan penilaian tingkat kapabilitas. Hasil dari audit sistem informasi menunjukkan bahwa nilai current ada pada skala 3 (Established) , sedangkan nilai excpect berada pada level 5 (Optimizing).

Kata Kunci: Audit, Sistem Informasi, Teknologi, Framework COBIT, Capability level


Full Text:

PDF

References


Dewi, Audit Keamanan Sistem Informasi Pada Kantor Pemerintahan Kota Yogyakarta Menggunakan COBIT 5. Yogyakarta : Universitas Gajah Mada, 2015.

ISACA, Kerangka COBIT 5, COBIT 4.1, BMI (Modeling Bussiness Information), Manajemen Tata Kelola, Jaminan Framework, Kerangka IT Risk. Major ISACA, 2013.

Sanyoto. Audit Sistem Informasi. Jakarta : Mitra Wacana Media, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.