Audit Sistem Informasi Pada PT Perkebunan Nusantara VII Mengunakan Metode Framework Cobit 5 Domain (DSS dan MEA)

Hendra Saputra

Abstract


PT Perkebunan Nusantara VII (PTPN 7) merupakan perusahaan yang mengunakan teknologi informasi untuk mendukung proses bisnis nya. Penggunaan TI di PT Perkebunan Nusantara VII (PTPN 7)  bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan terhadap para stakeholder terutama informasi  online maupun offline Untuk Perusahaan. PT Perkebunan Nusantara III  merupakan induk perusahaan dari PT Perkebunan Nusantara I sampai  XIV dalam mengimplementasikan ERP SAP HANA, PT Perkebunan nusantara III  menetapkan program transformasi untuk  perusahaan (Corporate Turnaround), sebagai arah dari  kebijakan untuk PT Perkebunan Nusantara III  ke depan. Corporate Turnaround itu terdiri dari 5 program utama yaitu: productivity improvement, cost improvement program, financial restructuring, organization and human resources restructuring, system and procedure development. Pada tahun 2018 PT Perkebunan Nusantara (PTPN) , mengaplikasikan sistem manajemen informasi berbasis teknologi mengunakan entreprise resource planning (ERP) dengan software SAP HANA. ERP adalah suatu aplikasi yang mengintregrasikan seluruh fungsi di dalam suatu perusahaan secara end to end, mulai dari fungsi pengadaan, produksi, distribusi, penjualan hingga pengelolaan sumber daya manusia (SDM). Dari ERP yang di terapkan ada kesalahan data yang dibukukan dengan data yang ada di SAP , terjadinya kesalahan data ini belum dapat diketahui apakah di karenakan human error atau Data Corruption atau karena background end user yang mengunakan merupakan bukan orang IT , atau di karenakan lokasi antar cabang sangat berjauhan sehingga koneksi internet kurang baik, atau infrastruktur jaringan kurang memadai dikarenakan aplikasi ini terintegrasi ke seluruh PTPN I saampai PTPN XIV. Penelitian audit sistem informasi ini mengunakan framework COBIT 5 untuk mencari solusi perbaikan sistem informasi PTPN 7 dan mengunakan skala 0-5 dalam penentuan penilaian tingkat kapabilitas. Hasil dari audit sistem informasi menunjukan bahwa nilai current ada pada skala 3 (Established), sedangkan nilai expect berada pada level 5 (optimizing).

Kata Kunci: Audit, Sistem Informasi, Teknologi,SAP HANA, framework COBIT, Capability level


Full Text:

PDF

References


https://sisi.id/ptpn-iii-komitmen-lakukan-transformasi-perusahaan/

Dewi, Audit Keamanan Sistem Informasi Pada Kantor Pemerintahan Kota Yogyakarta Menggunakan COBIT 5. Yogyakartq: Universitas Gajah Mada, 2015.

ISACA, Kerangka COBIT 5, COBIT 4.1, BMI (Modeling Bussiness Information), Manajemen Tata Kelola, Jaminan Framework, Kerangka IT Risk. Major ISACA, 2013.

Sanyoto. Audit Sistem Informasi. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2015.

http://www.ptpn7.com/default.aspx


Refbacks

  • There are currently no refbacks.