Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Jurusan Pada Jalur SNMPTN Dengan Metode Analitycal Hierarchy Process(Studi Kasus: SMAN 3 Batusangkar)

Silmi Eka Putri, Rini Sovia, Aulia Fitrul Hadi

Abstract


SNMPTN merupakan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri berdasarkan nilai rapor dan prestasi-prestasi lain. SNMPTN sangat diminati siswa karna masuk ke perguruan tinggi hanya dilihat dari nilai dan prestasi lainnya tanpa mengikuti ujian. Pada saat pendaftaran SNMPTN dibuka beban guru BK menjadi sangat berat karena banyaknya siswa yang berkonsultasi. Dikarenakan guru BK memberikan masukan bagi siswa secara manual yaitu membandingkan nilai siswa dengan jurusan yang diminati. untuk itu diperlukan aplikasi sistem pendukung keputusan untuk membantu pihak sekolah dan guru BK dalam menentukan prioritas jurusan pada jalur SNMPTN. Sistem pendukung keputusan dijadikan sebagai alternatif dalam pengambilan keputusan. Dalam pengambilan keputusan, SPK memanfaatkan data dan model untuk menyelesaikan masalah-masalah yang tak terstruktur, salah satu model yang dipakai dalam SPK adalah Analitycal Hierarchy Process (AHP). Aplikasi ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Database MySQL.

Kata Kunci: Analitycal Hierarchy Process (AHP), SNMPTN, SPK, PHP, MySQL


Full Text:

PDF

References


A. S, Rosa dan M. Shalahuddin .2014.”Rekayasa Perangkat Lunak, Terstruktur dan Berorientasi Objek”. Bandung : Informatika Bandung.

Febrianto, R., Sovia, R., & Kartika, D. (2017). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TRAVEL PADANG-PEKANBARU PADA PT.

Mandala, Eka Praja Wiyata. 2015. “Web Programing, Project 1 e.p.w.m. forum”. Yogyakarta : Penerbit CV. Andi Offset.

Pare, S. (2013). Sistem pendukung keputusan pemilihan program studi pada perguruan tinggi. MUSTEK ANIM HA, 2(1), 58-70.

Purwanto, H. (2017). Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Notebook Dengan Menggunakan Metode Topsis .Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer, 2(2), 55-59.

Ricon, I. (2017). PERANCANGAN APLIKASI SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PENERIMAAN ANGGOTA BARU PADA UKM IT CYBERNETIX MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS DENGAN BAHASA PEMROGRAMAN PHP & MYSQL. Jurnal INKOFAR, 1(1).

Saefudin, S., &Wahyuningsih, S. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penilaian Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada RSUD Serang.

Saragih, S. H. (2013). Penerapan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop.Pelita Informatika Budi Darma, 4(2).

Sarkis, I. M. (2015). IMPLEMENTASI METODE PROMETHE DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMILIHAN SISWA KELAS UNGGULAN SMA METHODIST I MEDAN.SEMNASTEKNO MEDIA ONLINE, 3(1), 2-2.

Simanjorang, R. M., Hutahaean, H. D., &Sihotang, H. T. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Bahan Pangan Bersubsidi Untuk Keluarga Miskin Dengan Metode AHP Pada Kantor Kelurahan Mangga.Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 2(1).

Simarmata, J. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak. PenerbitAndi.

Setiawan, F., Indriani, F., & Aziz, M. (2016). Implementasi Metode Electre Pada Sistem Pendukung Keputusan SNMPTN Jalur Undangan. KLIK-KUMPULAN JURNAL ILMU KOMPUTER, 2(2), 197-120.

Tohari, Hamim. 2014. “Astah”. Yogyakarta : Andi Publisher.

PUTRA NUSA MULYA DENGAN PENDEKATAN FUZZY SERVQUAL DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN. TEKNOLOGI, 7(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.