Audit Kinerja Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Metode Framework COBIT 5 Dan Technology Acceptance Model (TAM) (Studi Kasus: Poltekkes Tanjung Karang)

Olivia Elisa

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus meningkat membuat kedua hal tersebut saling berpadu menjadikan sebuah teknologi informasi yang membantu pekerjaan manusia baik di sektor pemerintahan, swasta, dan institusi. Poltekkes merupakan institusi yang bergerak dibidang pendidikan khususnya tentang kesehatan dibawah naungan Kementerian Kesehatan yang satuan kerja wilayah Lampung berada di Tanjung Karang, Metro, dan Kotabumi dengan kantor pusat berada di Tanjung Karang. Namun pada kegiatan operasionalnya sering ditemukan pelayanan TI yang kurang optimal, seperti sulitnya mengakses situs web dan sistem informasi manajemen Poltekkes pada pukul 10.00-12.00 WIB, momen pendaftaran mahasiswa baru, dan pada saat penginputan Kartu Hasil Studi (KHS). Dengan kendala di atas, tentunya kegiatan pengadministrasian setiap satuan kerja dan setiap unit kerja yang berada pada 3 daerah, yaitu Tanjung Karang, Metro, dan Kotabumi menjadi terhambat karena hampir seluruh kegiatan administrasi memanfaatkan teknologi informasi berbasis Interconnected Network (Internet). Untuk menjaga stabilitas kinerja teknologi informasi maka dibutuhkan suatu teknologi atau sistem dengan tata kelola teknologi informasi yang baik. Untuk itu perlu adanya audit kinerja tata kelola teknologi informasi untuk menilai maturity level tata kelola teknologi informasi institusi saat ini dan yang diharapkan. Penelitian tentang audit teknologi informasi ini menggunakan framework COBIT 5 dan Technology Acceptance Model (TAM) untuk mencari solusi perbaikan sistem tata kelola teknologi informasi institusi ke depannya.

Kata Kunci: Audit, Kinerja, Tata kelola, Teknologi, Framework COBIT, Maturity level


Full Text:

PDF

References


Dewi, Audit Keamanan Sistem Informasi Pada Kantor Pemerintahan Kota Yogyakarta Menggunakan COBIT 5. Yogyakarta : Universitas Gajah Mada, 2015.

ISACA, Kerangka COBIT 5, COBIT 4.1, BMI (Modeling Bussiness Information), Manajemen Tata Kelola, Jaminan Framework, Kerangka IT Risk. Major ISACA, 2013.

Sanyoto. Audit Sistem Informasi. Jakarta : Mitra Wacana Media, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.