Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kulit Pada Kucing Jenis Persia Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Web

Nia Nofia Mitra, Rini Sovia, Randy Permana

Abstract


Kucing persia adalah salah satu hewan yang rentan terkena penyakit, karena bentuk fisik mereka yang unik kucing persia membutuhkan perawatan yang khusus dimana perawatan yang tidak maksimal dapat menyebabkan kucing persia terserang bebagai jenis penyakit terutama penyakit kulit, oleh karena itu kucing harus selalu diperiksa kesehatannya. Pada beberapa jenis penyakit kulit yang dialami oleh kucing persia dapat membahayakan para pemiliknya, namun tidak sedikit dari para pemilik kucing persia yang tidak mengetahui gejala serta solusi penanganan dari masing-masing penyakit kulit yang dialami oleh kucing persia. Untuk itu perlunya adanya suatu penelitian dalam membangun dan mengembangkan suatu sistem pakar untuk melakukan diagnosa penyakit dan cara mengatasinya. Sistem pakar adalah sistem yang mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer yang dirancanguntuk memodelkan kemapuan menyelesaikan masalah seperti layaknya seorang pakar, salah satu metode yang diterapkan dalam sistem pakar adalah metode certainty factor. Certainty factor adalah suatu metode untuk membuktikan  apakah suatu fakta itu pasti ataukah tidak pasti yang berbentuk metric yang bisanya digunakan dalam system pakar.   Metode Certainty Factor yang diterapkan dalam sistem pakar ini memilki konsep kerja dengan cara menghitung nilai kepastian yang diberikan oleh user dari masing-masing gejala yang dirasakan, selanjutnya akan di masukan kedalam CF rule yang telah ditetapkan oleh pakar, dimana untuk CF yang memiliki hipotesa yang sama akan dihitung kembali dengan menggunakan rumus cf gabungan. Sehingga dapat menghasilkan kesimpulan penyakit yang diderita oleh kucing persia sesuai dengan gejala yang dipilih.

Kata Kunci: Sistem Pakar, Metode Certainty Factor, Kucing Persia, PHP, MySQL

Full Text:

PDF

References


Fanny, Rahmi Ras, Nelly Astuti Hasibuan, and Efori Buulolo. "PERANCANGAN SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT ASIDOSIS TUBULUS RENALIS MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR DENGAN PENULUSURAN FORWARD CHAINING." MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA 1.1 (2017).

Fathansyah, Basis Data. "Bandung." Informatika (2012).

Mandala, Eka Praja Wiyata. “Web Programming”. Penerbit Andi(2015)

Munggaran, Nur Jati Luhung. Perbandingan Certainty Factor dan Forward Chaining untuk diagnosa awal penyakit kulit Pada kucing: studi kasus UPT Klinik Hewan Kota Bandung. Diss. UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2017.

Octavina, Yossi, and Abdul Fadlil. "Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Pada Saluran Pernafasan Dan Paru Menggunakan Metode Certainty Factor." JSTIE (Jurnal Sarjana Teknik Informatika)(E-Journal) 2.2 (2014): 326-335.

Purnomo, Dwi, Beni Irawan, and Yulrio Brianorman. "SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PADA KUCING MENGGUNAKAN METODE DEMPSTER-SHAFER BERBASIS ANDROID." Jurnal Coding Sistem Komputer Universitas Tanjungpura 5.1 (2017).

Ramadhan, Rezza, Indah Fitri Astuti, and Dedy Cahyadi. "Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Kulit Pada Kucing Persia Menggunakan Metode Certainty Factor." Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi). Vol. 2. No. 1. 2017

Rikhiana, Esthi Dyah, and Abdul Fadlil. "Implementasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Dalam Pada Manusia Menggunakan Metode Dempster Shafer." Jurnal Sarjana Teknik Informatika 1.1 (2013).

Rosa, Ariani Sukamto, and Muhammad Shalahuddin. "Rekayasa perangkat lunak terstruktur dan berorientasi objek." Bandung: Informatika (2013).

Sari, Nur Anjas. "Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Demam Berdarah Menggunakan Metode Certainty

Factor." Pelita Informatika: Informasi dan Informatika 4.3 (2013).

SETYAWATI, D. SISTEM PAKAR DIAGNOSA AWAL PENYAKIT PADA KUCING BERBASIS

DESKTOP MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR. ISSN : 2599-3011.(2018).

Sutojo, T., Edy Mulyanto, and Vincent Suhartono. "Kecerdasan Buatan." (2011).

Swara, Ganda Yoga, and Yunes Pebriadi. "REKAYASA PERANGKAT LUNAK PEMESANAN TIKET BIOSKOP BERBASIS WEB." Jurnal TeknoIf 4.2 (2016).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.