Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Antraks Pada Sapi Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Web

Ilham Roni Yansyah, Randy Permana, Pradani Ayu Widya Purnama

Abstract


Sapi merupakan hewan yang memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia, namun sapi juga memiliki banyak penyakit yang dapat menyerang sapi, salah satunya adalah penyakit Antraks yang harus di tangani sebelum berakibat kematian buat sapi. Sistem Pakar merupakan salah satu sistem yang dapat kita gunakan untuk dapat menganalisa dengan tepat dan akurat dalam melakukan diagnosa apakah sapi terserang penyakit Antraks atau tidak. Dimana, Sistem Pakar tersebut akan mengadopsi pengetahuan pakar atau para ahli yang ahli di bidangnya, kemudian direpresentasikan dalam bentuk aturan menggunakan metode Certainty Factor sebagai penentu tingkat kepercayaannya. Pengimplementasian Sistem Pakar ini dilakukan dengan cara nantinya pengguna sistem memasukan nilai-nilai yang telah disediakan kedalam sistem yang kemudian diproses berdasarkan aturan-aturan atau rule yang di peroleh dari pakar sehingga nantinya didapatkan hasil kesimpulan diagnosa serta memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi oleh pengguna.

Kata Kunci: Sistem Pakar, Penyakit Antraks, Certainty Faktor


Full Text:

PDF

References


Handika, R. Dkk 2018. Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Sapi Dengan Metode Certainty Factor. Vol.1, No.1, ISSN : 2613–9146.

Kusumadewi, Sri. 2003. Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kusrini. 2008. Aplikasi Sistem Pakar. Yogyakarta: Andi.

Rahman, I. F. Dkk. 2016. Aplikasi Diagnosis Penyakit Sapi Menggunakan Metode Certainty Factors Berbasis Android. Vol.13, No.2, ISSN: 1693-7554.

Sihotang, H. T. 2014. Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kolesterol Pada Remaja Dengan Metode Certainty Factor (Cf) Berbasis Web. Vol.15, No. 1, ISSN : 2088-3943.

Sibagariang, S. 2015. Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Sapi Dengan Metode Certainty Factor Berbasis Android. Vol.4, No.2, ISSN : 2337-3601.

Siregar, E. T. 2017. Implementasi Certainty Factor Pada Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kulit Pada Sapi. Vol.1, No.1.

T.Sutojo 2010, Kecerdasan Buatan, Andi, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.