Sistem Informasi Sederhana Menggunakan Spreadsheet dan Macro Untuk Usaha Mikro Informal

Aswar Hanif

Abstract


Sistem Informasi dalam organisasi, merupakan sesuatu yang lebih dari sekedar menjalankan dan menggunakan sebuah produk, tapi juga merubah cara berpikir. Satu alasan mengapa UKM tidak menggunakan komputer, adalah mereka merasa usaha mereka tidak membutuhkannya. Seperti banyak usaha mikro lainnya, pemilik Keripik Kerenz tidak menggunakan komputer dalam kegiatan usahanya, karena alasan yang sama. Sebuah sistem informasi yang mencatat dan mengolah penjualan, pembelian, dan persediaan barang diharapkan dapat memberikan keuntungan bagi usaha mikro Keripik Kerenz. Sistem informasi sederhana yang dibangun dapat melakukan pencatatan penjualan, pembelian, dan pengawasan persedian barang dengan lebih optimal. Kesederhanaan dari sistem informasi ini juga akan membuat proses perawatan sistem berjalan dengan lebih mudah

Kata Kunci: Sistem Informasi Sederhana, Spreadsheet, Macro, Transaksi, Persediaan Barang


Full Text:

PDF

References


Y. K. Dwived, D. Wastell, S. Laumer, H. Zinner Henriksen, M. D. Myers, D. Bunker, A. Elbanna, M. N. Ravishankar, and S. C. Srivastava, “Research on information systems failures and successes: Status update and future directions,” Inf. Syst. Front., vol. 17, no. 1, pp. 143–157, 2015.

S. Petter, W. DeLone, and E. R. McLean, “Information Systems Success: The Quest for the Independent Variables,” J. Manag. Inf. Syst., vol. 29, no. 4, pp. 7–61, 2013.

W. Khristianto, “Penggunaan Teknologi Informasi di Usaha Kecil dan Menengah,” in Seminar Hasil -Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2012, pp. 282–293.

L. Sularto, Wardoyo, and T. Yusnitasari, “ADOPSI TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK PENCATATAN TRANSAKSI PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH RESTORAN DI WILAYAH JAKARTA, BOGOR, DEPOK, TANGERANG DAN BEKASI,” in Prosiding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur &Teknik Sipil), 2015, pp. 397–408.

T. A. Lubis and Junaidi, “Pemanfaatan Teknologi Informasi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Jambi,” J. Perspekt. Pembiayaan dan Pembang. Drh., vol. 3, no. 3, pp. 163–174, 2016.

Bank Indonesia, PROFIL BISNIS USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM). Jakarta: Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia, 2015.

A. Alimudin and H. Yoga, “STRATEGI MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA USAHA KECIL PRODUK MAKANAN RINGAN DI SURABAYA,” JP J. Proceeding Feb UNSOED, vol. 5, no. 1, pp. 1–12, 2015.

N. P. Alannita and I. G. Ngurah Agung Suaryana, “PENGARUH KECANGGIHAN TEKNOLOGI INFORMASI, PARTISIPASI MANAJEMEN, DAN KEMAMPUAN TEKNIK PEMAKAI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA KINERJA INDIVIDU,” E-Jurnal Akunt. Univ. Udayana, vol. 6, no. 1, pp. 33–45, 2014.

A. Adel and A. Bahattab, “A Comparison Between Three SDLC Models Waterfall Model, Spiral Model, and Incremental/Iterative Model,” IJCSI Int. J. Comput. Sci., vol. 12, no. 1, pp. 106–111, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.