Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pneumonia Pada Anak Menggunakan Metode Case Based Reasoning

Razky Josefa, Rini Sovia, Eka Praja Wiyata Mandala

Abstract


Pneumonia merupakan infeksi saluran pernapasan akut yang menjadi penyebab kematian utama pada balita di dunia, terutama di negara berkembang. Pneumonia yang terjadi pada balita akan memberikan gambaran klinik yang lebih buruk daripada orang dewasa karena pada balita sistem pertahanan tubuh yang dimiliki relatif rendah. Di saat sekarang ini masyarakat tidak terlalu perduli terhadap penyakit pneumonia ini di karenakan penyakit pneumonia ini memiliki gejala yang hampir sama dengan penyakit batuk, hal ini terjadi karena lemahnya pengetahuan masyarakat terhadap penyakit pneumonia. Informasi yang cepat dan tepat dari seorang pakar kesehatan sangat di butuhkan oleh orang tua tentang gejala penyakit pneumonia dan cara penanganannya yang lebih dini. Oleh karena itu dirancang sebuah sistem pakar untuk mengetahui klasifikasi penyakit pneumonia pada anak. Metode yang digunakan dalam sistem pakar adalah Case Based Reasoning. Sistem pakar ini dapat memberikan solusi serta cara pencegahan dini penyakit pneumonia pada anak dengan proses pendiagnosaan dilakukan secara efisien dan menghemat waktu dalam membantu masyarakat atau orang tua dalam pencegahan yang terjadi. Aplikasi sistem pakar berbasis web ini dibangun dengan bahasa pemograman PHP dan penyimpanan data MySQL.

Kata Kunci: Metode Case Base Reasoning, Pneumonia, Sistem Pakar, Web.


Full Text:

PDF

References


W. Budiharto dan D. Suhartono. Artificial Intelligence Konsep dan Penerapan. Yogyakarta : Andi. 2014.

Y. Efni, R. Machmud dan D. Pertiwi. Faktor Risiko yang Berhubungan dengan Kejadian Pneumonia pada Balita di Kelurahan Air Tawar Barat Padang. Jurnal Kesehatan Andalas 5.2. 2016.

A.A.H.S. Gulo dan M. Syahrizal. Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Hemofilia Pada Manusia Menerapkan Metode Case Based Reasoning. Pelita Informatika: Informasi Dan Informatika 17.1. 2018.

S. Hartati dan S. Ismawanti. Sistem Pakar Dan Pengembangannya. Yogyakarta : Graha Ilmu, 2008.

D.K. Kusuma dan Chairani. Rancang Bangun Sistem Pakar Pendiagnosa Penyakit Paru-Paru Menggunakan Metode Case Based Reasoning. Jurnal Infotel 6.2, 2014: 57-62.

E.P.W. Mandala, Web Programing Project 1: epwm Forum. Yogyakarta: Andi, 2015

Minarni, I. Warman dan W. Handayani. Case-Based Reasoning (CBR) Pada Sistem Pakar Identifikasi Hama Dan Penyakit Tanaman Singkong Dalam Usaha Meningkatkan Produktivitas Tanaman Pangan. Jurnal Teknoif 5.1, 2017

O. Monita, F.F. Yani dan Y. Lestari. Profil Pasien Pneumonia Komunitas Di Bagian Anak Rsup Dr. M. Djamil Padang Sumatera Barat. Jurnal Kesehatan Andalas 4.1, 2015

M. Nurnajiah, Rusdi dan Desmawati. Hubungan Status Gizi Dengan Derajat Pneumonia Pada Balita Di Rs. Dr. M. Djamil Padang. Jurnal Kesehatan Andalas 5.1, 2016.

N.N. Rahajoe, B. Supriyatno dan D.B. Setyanto. Buku Ajar Respirologi Anak, Jakarta : Badan Penerbit Idai, 2008.

Lesmana, Diki Indra. Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Pneumonia Dengan Penelusuran Forward Chaining Menggunakan Metode Certainty Factor. Pelita Informatika 16.1, 2017.

R. Sovia, A.F. Hadi dan A.Yuliana. Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Hipertensi Menggunakan Case-Based Reasoning (CBR). Infotekno 1.1, 2018.

R. Sovia, dan J. Febio. Membangun Aplikasi E-Library Menggunakan HTM, PHP Script, Dan MySQL Database. Jurnal Media Processor 6.2, 2017.

R.A. Sukamto dan M. Shalahudin. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika, 2013.

J. Simarmata. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi, 2010

T. Sutojo, E. Mulyanto dan V. Suhartono. Kecerdasan Buatan. Yogyakarta: Andi, 2011.

T.E. Putri, D. Andreswari dan R. Efendi. Implementasi Metode CBR (Case Based Reasoning) Dalam Pemilihan Pestisida Terhadap Hama Padi Sawah Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor (KNN) (Studi Kasus Kabupaten Seluma). Rekursif: Jurnal Informatika 4.1, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.