Sistem Informasi Geografis Pemetaan Pemasaran Sembilan Bahan Pokok Pada Kabupaten Bandung Barat

Alan Kurniawan, Faiza Renaldi, Fajri Rakhmat Umbara

Abstract


Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah salah satu sistem informasi dibahas dalam ilmu komputer, yang dalam pengintegrasiannya SIG merepresentasikan sistem informasi lainnya. SIG menggunakan teknologi komputer untuk mengintegrasikan, memanipulasi, dan menampilkan informasi atau karakteristik yang ada di suatu area geografis. SIG juga dapat membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik. Sistem yang dibuat adalah Sistem Informasi Geografis Pemetaan Pemasaran Sembilan Bahan Pokok Pada Kabupaten Bandung Barat. Harga pasar yang fluktuatif memberikan kesenjangan akan jumlah permintaan dan persedian. Sistem yang akan dibangun menggunakan metode Waterfall serta UML (Unified Modeling Language) sebagai alat bantu untuk pemodelan. Penelitian ini bertujuan untuk menampilkan titik lokasi setiap pasar yang ada pada Kabupaten Bandung Barat dengan visualisasi geografis, mengetahui komoditas harga sembako, memonitoring naik turunnya persediaan dan permintaan bahan pokok setiap pasar yang ada di Kabupaten Bandung Barat, membantu Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah, memberikan informasi akan Pemetaan Pemasaran Sembilan Bahan Pokok pada masyarakat Kabupaten Bandung Barat.

Kata Kunci: SIG, Pemetaan, Sembako, Waterfall, Bandung Barat


Full Text:

PDF

References


A. R. T. G. K. Kristoko Dwi Hartomo, "Perancangan Sistem Informasi Geografis Sebaran Tanaman Pangan Berbasis Spasial dan Multi Tier Menggunakan Map Server," Informatika, vol. 9, no. 2, pp. 103-116, 2013.

C. W. Vermilia, "Analisis Karakteristik Konsumen yang Berbelanja Sembilan Bahan Pokok (Sembako) di Pasar Tradisional dan Pasar Modern di Kecamatan Marpoyan Kota Pekan Baru," Agrbisnis, vol. 8, no. 2, pp. 253-260, 2017.

P. R. D. H. Sri Djatnika S. Ariffin, "Aplikasi Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Performansi Waserba Koperasi Unit Desa (KUD)," Sosialhumaniora, Vols. 78-90, no. 2, p. 3, 2016.

Denny. C. dan Irma. A, "Desain dan Aplikasi Geographics Information System (1st ed). Jakarta, Indonesia: PT. Elex Media Komputindo," Techno Nusa Mandiri, 2003.

E. Ruauw, "Kajian Distribusi Pangan Pokok Beras di Kabupaten Kepulauan Talaud," ASE, vol. 11, no. 1, pp. 58-68, 2 September 2015.

M. Nurmaidah. T. H. Pudjiantoro dan F. Renaldi, "Pembangunan Sistem Informasi dalam Proses Produksi Teh di PT. Perkebunan Nusantara III," Journal PASTI, vol. 11, no. 1, pp. 22-31, 2015.

Ginanjar Wiro Sasmito, "Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal," JPIT, vol. 2, no. 1, pp. 6-12, 2017.

A. Widyarto, "Peran Sistem Informasi Geografis dalam Sistem Benefit," Journal Informatika, vol. 16, pp. 1-8, 2015.

A. Noertjahyana dan G. S. Budhi, "Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Penentuan Harga Pokok Pada Perusahaan Vulkanisir Ban di Surabaya," Jurnal Informatika, vol. 4, no. 2, pp. 57-64, 2014.

A. C. Pradana. P. B. Santoso dan A. Eunike, "Perancangan Sistem Informasi Manajemen Produksi dengan Pemanfaatan dalam Penentuan Jumlah Produksi," Journal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri, vol. 3, no. 1, pp. 154-165, 2016.

A. U. T. Ama. E. Sediyono dan A. Setiawan, "Perancangan Sistem Informasi Manajemen Untuk Distribusi Pangan Kabupaten Minahasa Tenggara," Prosiding Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen (KOMMIT), 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.