Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Pembangunan Ekonomi Daerah Menggunakan Metode AHP dan TOPSIS

Abdulatif Sanjaya, Gunawan Abdillah, Agus Komarudin

Abstract


Badan pemberdayaan masyarakat dan desa perlu dilakukan penguatan kelembagaan, dalam meningkatkan motivasi dan swadaya gotong royong pada masyarakat dengan banyaknya jumlah penduduk disetiap daerah maka dapat menjadi aset pembangunan, bila kualitas sumberdaya manusia dikelola dengan baik, dalam upaya pemerintah melakukan pemerataan ekonomi, maka dilakukan penilaian pembangunan ekonomi daerah sebagai cara pemerintah untuk meningkatkan pembangunan ekonomi, kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat desa. Setiap desa di kabupaten Bandung Barat melakukan pemerataan pembangunan mulai dari pembangunan infrastructur sampai dengan pembangunan pembangkit listrik dalam upaya meningkatkan struktur ekonomi, mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan kesempatan kerja pada daerah tersebut, dengan demikian badan pemberdayaan masyarakat dan desa dapat memprioritaskan pembangunan ekonomi daerah. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem pendukung keputusan penentuan prioritas pembangunan ekonomi daerah di kabupaten Bandung barat dengan menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP) dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Penentuan prioritas pembangunan ekonomi daerah ini harus memperhatikan 10 kriteria. Hasil pengujian akurasi yang dilakukan menghasilkan nilai akurasi sebesar 73,33% dari proses keluaran data sebanyak 30 data. Luaran dari sistem ini berupa rangking setiap desa yang telah dinilai sehingga menghasilkan rekomendasi untuk pengambilan keputusan dalam menentukan prioritas pembangunan ekonomi daerah..

Kata Kunci: Prioritas Pembangunan Ekonomi Daerah, Sistem Pendukung Keputusan, AHP, TOPSIS


Full Text:

PDF

References


H. Magdalena, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Mahasiswa Lulusan Terbaik di Perguruan Tinggi (Studi Kasus STMIK Atma Luhur Pangkal Pinang),” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun., pp. 49–56, 2012.

H. B. Lumentut and S. Hartati, “Sistem Pendukung Keputusan untuk Memilih Budidaya Ikan Air Tawar Menggunakan AF-TOPSIS,” IJCCS, vol. 9, no. 2, pp. 197–206, 2015.

F. Abadi, “Penentuan Penerima Bantuan Dana untuk Sekolah Menengah di Kab. Banjar Menggunakan Metode AHP-TOPSIS Dengan Pendekatan Fuzzy,” J. Speed – Sentra Penelit. Eng. dan Edukas, vol. 8, no. 1, pp. 44–50, 2016.

D. L. Kurniasih, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Dengan Metode TOPSIS,” Pelita Inform. Budi Darma, vol. III, no. 2, pp. 6–13, 2013.

N. A. Prabowo, “Sistem Pendukung Keputusan Sebagai Analisis Pemilihan Rekanan Pengadaan Barang dan Jasa di Politeknik Negeri Semarang,” J. Speed – Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi, vol. 1, no. 3, pp. 51–56, 2009.

N. Aditya, “Pemilihan Lokasi Sumber Mata Air Untuk Pembangunan Jaringan Air Bersih Pedesaan Dengan Menggunakan Metode TOPSIS,” Semin. Nas. Tek. Sipil, pp. 321–329, 2015.

Supriatin, B. Soedijono, and E. T. Luthfi, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Penerima BLSM Di Kabupaten Indramayu,” Citec J., vol. 1, no. 4, pp. 282–295, 2014.

M. Salam, T. H. P, and W. Uriawan, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Daerah Berpotensi Kemiskinan Absolut di UPT BP3AKB Kecamatan Cisarua Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process-Weighted Product,” Semin. Nas. Telekomun. dan Inform., pp. 38–43, 2016.

Z. Arifin, “Sistem Penunjang Keputusan Penentuan Prioritas Lokasi Penanganan Kemacetan Lalulintas Menggunakan Metode Perangkingan TOPSIS (Studi pada Kepolisian Wilayah Kepanjen),” J. Inf. Technol., vol. 4, no. 1, pp. 93–98, 2016.

W. Yusnaeni, R. Ningsih, and T. Misriati, “Pemilihan Suplier Bahan Baku Dengan Metode Technique for Order Performance by Similarity to Ideal Solution(TOPSIS),” Semin. Nas. Sains dan Teknol., pp. 1–7, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.