Penyisipan Pesan Rahasia Kedalam Audio Menggunakan Algoritma F5

Tri Nusanti Sianturi, Rinaldo Gomgom Hutagaol

Abstract


Teknologi informasi dan telekomunikasi yang semakin berkembang saati ini, telah mempengaruhi perhatian pada tingkat keamanan terhadap data dan informasi. Saat ini telah banyak kasus penyalahgunaan data dan nformasi yang didistribuskan, khususnya yang menggunakan layanan internet. Peningkatan keamanan pengiriman data dapat dilakukan dengan menggunakan steganografi. Steganografi adalah teknik menyembunyikan pesan ke dalam sebuah media pembawa (carrier). Salah satu media yang dapat digunakan adalah berkas audio. Penelitian ini membahas tentang penerapan steganografi pada berkas audio dan metode steganografi yang digunakan adalah metode F5. Hasil uji coba, diketahui bahwa dengan metode F5 penyisipan dan ekstraksi pesan dapat dilakukan dengan baik. Penyisipan pesan tidak berpengaruh terhadap ukuran berkas audio, akan tetapi berkas audio yang telah disisipi pesan (stego) tidak tahan terhadap kompresi, manipulasi amplitudo dan pemotongan audio.

Kata Kunci: Steganografi, Algoritma F5, Pesan, Audio, Wav


Full Text:

PDF

References


M. Magdalena, N. A. Putra, and E. P. Widiyanto, “Implementasi Algoritme F5 untuk Penyisipan Pesan Rahasia pada Citra Digital,” pp. 1–14.

T. Zebua, “Pengamanan Data Teks Dengan Kombinasi Cipher Block Chaining dan LSB-1,” in Seminar Nasional Inovasi dan Teknologi (SNITI), 2015, pp. 85–89.

E. Pramunanto, Y. Perwira, A. Putra, and A. Zaini, “Penulisan Pesan Tersembunyi Pada Citra JPEG dengan Metode F5,” vol. 10, no. 2, pp. 1–8, 2012.

P. Batarius and M. Maslim, “Perbandingan Metode dalam Teknik Steganografi,” in Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan, 2012, pp. 307–313.

E. Satriya Wijaya and Y. Prayudi, “Konsep Hidden Message dengan Menggunakan Teknik Steganografi Dynamic Cell Spreading,” Media Inform., vol. 9, no. 9, pp. 121–126, 2011.

D. Suhartono, A. Galih Salman, Rojali, and C. Octavianus, “Aplikasi Penyembunyian Pesan pada Citra JPEG dengan Algoritma F5 dalam Perangkat Mobile Berbasis Android,” in Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, 2012, pp. 1–6.

S. Rohayah, G. W. Sasmito, and O. Somantri, “Aplikasi Steganografi Untuk Penyisipan Pesan,” J. Inform., vol. 9, no. 1, pp. 975–981, 2015.

N. Q. Fitriyah and Y. Y. Prayudi, “Implementasi Steganografi Audio File Wav Dengan Metode Discrete Cosine Transform ( Dct ),” pp. 144–153, 2017.

G. D. A, R. M. Rumani, and M. Nasrun, “Implementasi Kriptografi Dan Steganografi Pada Media Gambar Menggunakan Algoritma Blowfish Dan Metode Least Significant Bit Cryptography and Steganography Implementation in Image Using Blowfish Algorithm and Least Significant Bit Method,” Implementasi Kriptografi Dan Steganografi Pada Media Gambar Menggunakan Algoritm. Blowfish Dan Metod. Least Signif. Bit, vol. 2, no. 2, p. 8, 2015.

D. Suhartono, A. G. Salman, and C. Octavianus, “Aplikasi Penyembunyian Pesan Pada Citra Jpeg Dengan Algoritma F5 Dalam Perangkat Mobile Berbasis Android,” vol. 2012, no. Snati, pp. 15–16, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.