Penerapan Metode IDEA Untuk Mengamankan File Audio

Joslin Nababan, Limcia Hutajulu, Marjadi Hebert Harianja

Abstract


Keamanan data sangat berperan penting dalam proses pendistribusian data terutama  data yang bersifat rahasia dan penting. Hal ini dilakukan untuk menjaga kerahasiaan serta keutuhan data yang akan diterima. Salah satu jenis data yang perlu diamankan adalh file audio, karena sama halnya dengan jenis data lainnya audio juga bisa dimodifikasi sehingga dapat mengandung informasi yang tersembunyi. Audio merupakan media digital yang banyak digunakan dalam penyampaian pesan. Dengan bantuan koneksi internet, pertukaran informasi melalui audio semakin cepat. Bila audio yang akan dikirim merupakan informasi yang sangat penting,maka perlu dilakukan teknik pengamanan data. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah dengan metode IDEA (International Data Encryption Algorithm). Algoritma IDEA merupakan algoritma dalam kriptografi yang memberikan keamanan tinggi, dimana proses penyelesaian dilakukan dengan proses pembentukan kunci, proses enkripsi serta proses dekripsi. Diterapkannya proses pengamanan terhadap data data, maka akan menyulitkan pihak lain yang tidak berkepentingan untuk mengetahui isi data rahasia tersebut.

Kata Kunci: Kriptografi, IDEA, Audio, Informasi, Block Cipher


Full Text:

PDF

References


F. Teknologi and I. Universitas, “PENGEMBANGAN APLIKASI KRIPTOGRAFI FILE DOKUMEN , AUDIO DAN GAMBAR DENGAN ALGORITMA DES,” vol. VIII, no. 2, pp. 185–190, 2016.

J. I. Polinema, R. Byte, and P. Encoding, “PENGEMBANGAN SISTEM KEAMANAN INFORMASI MENGGUNAKAN METODE KRIPTOGRAFI 3DES DAN STEGANOGRAFI RANDOM BYTE POSITION ENCODING PADA,” pp. 109–116, 2016.

U. S. Utara, U. S. Utara, and U. S. Utara, “Pengamanan File Audio Dengan Menggunakan Algoritma Rivest Shamir Adleman dan Metode Modified Least Significant Bit Red Channel,” 2018.

P. Informatika, B. Darma, and L. B. Masalah, “PENERAPAN METODE IDEA PADA PERANCANGAN APLIKASI,” no. November, pp. 152–156, 2013.

K. Jawa Bendi and T. Andika Rizki, “Sistem Kriptografi DES pada Media Audio,” in Seminar Nasional Teknologi Terapan SV UGM, 2016, pp. 640–644.

M. Adi Wijaya, W. Kurniawan, and A. Kusyanti, “Perancangan dan Implementasi Algoritma Enkripsi Idea pada Perangkat Kriptografi Berbasis FPGA,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 12, pp. 6973–6981, 2018.

T. Andriyanto and D. L. C. Pardede, “STUDI DAN PERBANDINGAN ALGORITMA IDEA DAN ALGORITMA BLOWFISH,” in Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen (KOMMIT 2008), 2008, pp. 182–189.

M. A. Wijaya, W. Kurniawan, and A. Kusyanti, “Perancangan dan Implementasi Algoritma Enkripsi Idea pada Perangkat Kriptografi Berbasis FPGA,” vol. 2, no. 12, pp. 6973–6981, 2018.

L. Penjualan and H. Berbasis, “IMPLEMENTASI METODE KRIPTOGRAFI IDEA pada PRIORITY DEALER untuk LAYANAN PEMESANAN dan LAPORAN PENJUALAN HAMDPHONE BERBASIS WEB,” pp. 1–7.

T. Zebua, “Encoding the Record Database of Computer Based Test Exam Based on Spritz Algorithm,” Lontar Komput. J. Ilm. Teknol. Inf., vol. 9, no. 1, p. 52-62, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.