Implementasi Algoritma Paillier Cryptosystem Pengamanan Audio

Juni Ade Nawer Purba, Debora Sinaga, Saima Ronita Purba

Abstract


Sistem keamanan data sangat dibutuhkan untuk meminimalisir penyalahgunaan data yang bersifat penting dan rahasia. Pemalsuan data menjadi salah satu permasalahan yang sering terjadi pada era teknologi saat ini terutama dalam kegiatan distribusi pesan, sehingga dibutuhkannya  pengamanan yang sangat akurat. Salah satu jenis data yang umum digunakan sebagai media dalam bertukar infromasi adalah audio. Salah satu solusi yang dapat mengamankan permasalahan tersebut adalah mengimplementasikan algoritma paillier cryptosystem dalam pengamanan audio. Proses kerja dari metode paillier terdiri dari proses pembentukan kunci, proses enkripsi dan proses dekripsi. Proses pembentukan kunci akan menghasilkan kunci privat dan kunci public. Kunci privat pada algoritma ini digunakan untuk proses enkripsi dan kunci public digunakan untuk melakukan proses dekripsi. Implementasi algoritma ini dapat meminimalisir tindakan-tindakan penyalagunaan atau tindakan untuk memanipulasi audio.

Kata Kunci: Kriptografi, Paillier Cryptosystem, Enkripsi, Dekripsi, Audio


Full Text:

PDF

References


R. Anderson, E. Biham, and L. Knudsen, “Serpent : A proposal for the advanced encryption standard,” NIST AES Propos., pp. 1–23, 1998.

T. Zebua, “Pengamanan Data Teks Dengan Kombinasi Cipher Block Chaining dan LSB-1,” in Seminar Nasional Inovasi dan Teknologi (SNITI), 2015, pp. 85–89

R. M. Simbolon, “Perancangan Perangkat Lunak Enkripsi Pesan Dengan Metode Paillier Cryptosystem,” Pelita Inform. Budi Darma, vol. 5, no. 3, pp. 23–30, 2013.

K. Jawa Bendi and T. Andika Rizki, “Sistem Kriptografi DES pada Media Audio,” in Seminar Nasional Teknologi Terapan SV UGM, 2016, pp. 640–644.

A. S. Sukarno and T. Natalia, “Pemanfaatan Paillier Cryptosystem untuk Low Cost Secure Direct-Recording Electronic (DRE),” bptt, 2014.

U. P. Setyaningrum, “Algoritma Paillier Cryptosystem untuk Mengamankan Citra Digital,” UNISSULA, 2017.

D. Br Tarigan, K. Kunci, and K. Hill Cipher, “Implementasi Algoritma Kriptografi Hill Cipher Dalam Penyandian Data Gambar,” no. 0911610, pp. 76–81, 2014.

M. Diana and T. Zebua, “Optimalisasi Beaufort Cipher Menggunakan Pembangkit Kunci RC4 Dalam Penyandian SMS,” J. Sains Komput. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 12–22, 2018.

H. Santoso and M. Fakhriza, “PERANCANGAN APLIKASI KEAMANAN FILE AUDIO FORMAT WAV ( WAVEFORM ) MENGGUNAKAN ALGORITMA RSA,” vol. 6341, no. April, pp. 47–54, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.