Perancangan Aplikasi Pendataan Sarana dan Prasarana Pada SD Yayasan Pendidikan Kartini Handayani

Vinny Alawiyah, Poningsih Poningsih, Sundari Retno Andani, Solikhun Solikhun

Abstract


likasi merupakan salah satu hal yang penting dibutuhkan dalam mempermudah segala aktifitas terutama dibidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan sarana dan prasarana sangat penting untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar disekolah agar dapat berjalan dengan baik. Sarana dan Prasarana Pada SD Yayasan Pendidikan Kartinini Handayani berupa kursi, meja, aula, gedung dan sebagainya. Proses pendataan sarana dan prasarana masih menggunakan cara yang manual dengan membuat catatan dibuku agenda yang memungkinkan terjadinya risiko kerusakan ataupun kehilangan data yang dapat menyebabkan kerugian untuk pihak sekolah. Agar proses pendataan sarana dan prasarana berjalan dengan baik maka dibutuhkan suatu teknologi berupa aplikasi yang dapat mempermudah tata usaha dalam melakukan pendataan sarana dan prasarana. Dalam proses perancangannya aplikasi ini membutuhkan rancangan DFD sebagai penjelasan untuk memperlihatkan alur system yang akan berjalan pada aplikasi pendataan sarana dan prasarana pada SD Yayasan Pendidikan Kartini Handayani.

Kata Kunci: Aplikasi, Pendidikan, Sarana dan Prasarana, Teknologi, DFD


Full Text:

PDF

References


W. N. Cholifah and R. Rachmadi, “Perancangan Sistem Informasi Pendataan Sarana dan Prasarana Sekolah Pada Sekolah Dasar Islam Terpadi IQRO’,” J. Maklumatika, vol. 3, no. 2, pp. 140–149, 2017.

B. C. Neyfa and D. Tamara, “Special Meeting of Council,” Br. Med. J., vol. 1, no. 6001, pp. 107–109, 1976, doi: 10.1136/bmj.1.6001.107.

K. A. H. Mia Andini, “Perencanaan dan pembuatan aplikasi alumni siswa,” J. Sains dan Inform. Vol. 1,Nomor 2, Nop. 2015, vol. 1, pp. 48–57, 2015.

Mesran, S. D. Nasution, and F. T. Waruwu, Merancang Aplikasi Penjualan dengan Visual Basic. Green Press, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.