Penerapan Radio Frequency Identification Pada Kartu Pelajar Untuk Presensi Pada Sekolah Menengah Kejuruan XYZ

Yudi Wiharto, Mufti Mufti

Abstract


Penerapan teknologi Radio Frequency Identification atau yang biasa dikenal dengan RFID ini bertujuan untuk memberdayakan kartu pelajar menjadi lebih berguna salah satunya menjadi media presensi siswa di lingkungan sekolah, dengan salah satu alasan kurangnya efektifitas waktu dalam proses belajar mengajar dipagi hari yang selalu terpotong oleh adanya proses presensi didalam kelas. Maka dari itu teknologi RFID ini akan sangat membantu dalam penghematan waktu dan tidak lagi mengurangi waktu guru yang bersangkutan dalam proses belajar dan mengajar. Selain itu juga, adanya daya guna lebih dari kartu pelajar akan membuat siswa tidak lagi mengabaikan kartu identitasnya disekolah dan akan selalu menggunakan serta membawanya kesekolah. Proses presensi dengan sistem ini menggunakan bantuan alat sebuah mikrokontroler untuk membaca data dalam kartu sehingga dapat mengirimkannya kepada server, jadi keamanan data akan lebih terjaga jika dibandingkan dengan proses yang hanya menginput secara manual karena dapat dimanipulasi dengan mudah. Namun tetap harus adanya pengawasan dalam proses yang dilakukan agar dapat membantu dalam menjaga keamanan datanya. Dengan demikian untuk hal keamanan siswa pun akan lebih terjaga dengan adanya identitas diri yang selalu menemaninya tersebut.

Kata Kunci: RFID, Mikrokontroler, Kartu Pelajar, Presensi, Efektifitas Waktu


Full Text:

PDF

References


Paulus, William, Panggabean, V. O., & Pandi, F. (2013). Sistem Absensi Berbasis Radio Frequency Identification (RFID) pada MIKROSIL. 129

Adam, W.,Sagala, L.,2014, Sistem Absensi Pegawai Menggunakan Teknologi RFID,http://ejournal.lpkia.ac.id/files/students/essays/journals/301.pdf.

Setiawan, E. B. dan Kurniawan, B., 2015, Perancangan Sistem Absensi Kehadiran Perkuliahan dengan Menggunakan Radio Frequency Identification (RFId), Vol.1, no.2.

Hijrah, Fahdly. 2008. Sistem Absensi Menggunakan RFID. Teknik Informatika. Universitas Muhamadiyah Jakarta.

Kadir, Abdul. 2012. Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler dan Pemrogramannya Menggunakan Arduino. Yogyakarta: Andi.

Aditia, Bima 2013. Aplikasi RFID Untuk Sistem Presensi Mahasiswa Di Universitas Brawijaya Berbasi Protokol Internet,Teknik Informatika. Universitas Brawijaya.

Kali, Marselinus. 2015. Sistem Alarm Kebakaran Menggunakan Sensor Infra Red Dan Sensor Suhu Berbasi Arduino Uno. Sains dan Teknik. Universitas Nusa Cendana.

Saputra, Ridho. 2017. Aplikasi Pemberi Pakan Ikan Otomatis Menggunakan Mikrokontroller ESP8266 Berbasis Web. Teknik Informatika. Universitas Budiluhur


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS)