Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Dana Pinjaman Bergulir Pada Program Kotaku Kabupaten Deli Serdang

Anna Elvita, Alistraja Dison Silalahi, Debbi Chyntia Ovami

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui akuntabilitas dan transparansi pengelolaan dana pinjaman bergulir pada Program KOTAKU Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini dilakukan di wilayah Program KOTAKU Kabupaten Deli Serdang yaitu pada 30 Desa/Kelurahan yang tersebar di Kabupaten Deli Serdang dari total 101 desa/kelurahan yang menerima Program KOTAKU. Data diperoleh dari hasil pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari 12 indikator akuntabilitas yang menjadi kondisi ideal terdapat 9 indikator yang dapat terpenuhi yaitu akuntabilitas peruntukan dana (mencakup 7 indikator), akuntabilitas pengelolaan keuangan (mencakup 1 indikator) dan akuntabilitas administrasi dan pelaporan (mencakup 1 indikator) serta dari 6 indikator transparansi yang menjadi kondisi ideal terdapat 5 indikator yang tidak dapat dipenuhi sehingga berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pengelolaan dana pinjaman bergulir kurang akuntabel dan tidak transparan.

Kata Kunci: Akuntabilitas, Transparansi, Pinjaman Bergulir, Program KOTAKU


Full Text:

PDF

References


Alawiyyah, Syarifah., Ludigdo, Unti., dan Mulawarman, Aji Dedi. 2017.Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bergulir Pada UPK-G. JurnalAkuntansi & Pendidikan Vol.6 No.2 Hal.130-141 Oktober 2017 Madiunp-ISSN:2302-6251 e-ISSN:2477-4995 Jurusan Akuntansi FEB Universitas Brawijaya Malang

Aryanti, Vivi Dwi., Kholmi, Masiyah., dan Wahyuni, Endang Dwi. 2013. Analisis Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Dana PNPM MandiriPada BKM Betul Kota Malang. Jurnal Akuntansi & Investasi Vol. 14N0.2 Juli 2013. Jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang.

Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Cipta Karya, 2008. Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Pinjaman Bergulir.

Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Cipta Karya. 2008. Pedoman Teknis Kegiatan Pinjaman Bergulir.

https://administrasinegaraku.blog/ADM.NEGARA

https://www.p2kp.org/pustaka/files/modul_transparansi_akuntabilitas

Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Cipta Karya.2008. Booklet Untuk Pendamping & Pengelola Pinjaman Bergulir.

Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Cipta Karya, 2012. Pedoman Pelaksanaan PNPM Mandiri Perkotaan.

Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Cipta Karya, 2012. Pedoman Teknis Pengawasan Keuangan UPK.

Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Cipta Karya, 2012. Petunjuk Teknis Pengukuran Kinerja Pembukuan Sekretariat – UPK.

Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Cipta Karya, 2014. Pedoman Teknis PPMK.

Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Cipta Karya, 2016. Surat Edaran Dirjen Cipta Karya no.40/SE/DC/2016 Perihal Pedoman UmumProgram Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU). www.kotaku.pu.go.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.