Program Belajar Anak Cerdas Interaktif Untuk Anak Usia 3-5 Tahun

Astri Ramadhani Daulay

Abstract


Game merupakan sebuah permainan yang dibuat dengan teknik dan metode animasi. Pada awal tahun 2019, android adalah salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan digunakan oleh masyarakat umum, sehingga game ini dibuat berjalan untuk system android. Game menjadi pilihan untuk mengisi waktu senggang, namun pada penelitian ini game dibuat sebagai media belajar interaktif untuk anak usia dini 3-5 tahun. Game ini berfokus pada pengenalan bentuk dari huruf, angka, transportasi, buah dan hewan. Game ini menciptakan permainan yang menyediakan gambaran animasi dan suara sebagai pengenalannya. Game terbagi dalam 5 kategori dengan masing model pertanyaan yang berbeda. Penulis membuat game media belajar interaktif untuk anak usia dini 3-5 tahun dan dirancan menggunakan UML (Unified Modeling Learning), bahasa pemerograman menggunakan Monodevelop dan Unity 3D sebagai game engine. Sistem pengujian menggunakan Black Box

Keywords


Game, Android, Media Belajar Interaktif Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Abdul, H. (2018). Penerapan Algoritma Collision Detection Pada Non Player Character Game Survival Mobile. Universitas Harapan Medan.

Gunari, A, A. Setiawan, I, R. (2016). Aplikasi Perhitungan Kinerja Berdasarkan Proses Pembelajaran Guru (Studi Kasus Di Slb-A Budi Nurani Kota Sukabumi), Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi, ISSN2088-5407.

Ponza, P, J, R. dkk. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar, Universitas Pendidkan Ganesha.

Widodo, A. Lisyorini, T. (2013). Perancangan Mobile Learning Mata Kuliah Sistem Operasi Berbasis Android, SIMETRIS, vol. 3, no. 1, pp. 2252–4983.

Syahfitri, Y. (2012). Teknik Film Animasi Dunia Komputer. STMIK Triguna Dharma. Jurnal SAINTIKOM.

Syahputra, D. (2017). “Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Bimbingan Belajar Terhadap Kemampuan Memahami Jurnal Penyesuaian Pada Siswa Sma Melati Perbaungan”, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer, Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung : Alfabeta.

Azhar. A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Noveliendry, D. (2013). Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus Siswa Kelas Ix Smpn 1 Rao). Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan, ISSN : 2086 – 4981 VOL. 6 NO. 2.

Saputra, W. Purnama, B, E. (2012). “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mata Kuliah Organisasi Komputer”, ISSN: 1979-9330 (Print) - 2088-0154 (Online).

Kurniawati, I, D. Nita, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa, E-ISSN: 2579-5317.

Prastika, L. R., dkk. (2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Komputer Model Instructional Games terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Pembelajaran dan Sains 2011 (SNIPS 2015) Bandung.

Anhar (2012). Panduan Menguasai PHP dan MySQL Secara Otodidak. Jakarta: Mediakita.

Mega, S, D. (2013) “Penggunaan Aplikasi Adobe Photoshop Dalam Meningkatkan Keterampilan Editing FOTO,” vol. 1, pp. 260–270.

Dewanto, F, M. dkk. (2016). Desain Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android Sebagai Media Promosi Universitas Pgri Semarang. Universitas PGRI Semarang.

Ginting, S. Hidayat, L, E, S. (2016). Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Gedung Baru Unikom Berbasis Android. Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia.

Zuriati, W. dkk. (2018). Teknik Pengujian Boundary Value Analysis Pada Aplikasi Learning Management System Polinela, Departemen Ilmu Komputer, FMIPA, Institut Pertanian Bogor.

Mustaqbal, M, S. dkk. (2015). Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Aplikasi Prediksi Kelulusan Snmptn). Fakultas Teknik, Universitas Widyatama.

Hartati, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif “Bedah Beruang (Belajar Mudah Berhitung Kurang)” Untuk Mengenalkan Konsep Pengurangan Pada Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok B”, Universitas Negeri Yogyakarta.

Syafrizal, R. Andika, R. Panggabean, A, P. (2018). “Perancangan Game Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Html 5 Berbasis Multimedia Interaktif”, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Rahmad, A. (2014). Pengertian Flowchart Dan Jenis-Jenisnya. Diakses pada tanggal 9 februari 2020 dari https://rahmatarifianto.wordpres s.com/2014/11/20/pengertianflowchart-dan-jenis-jenisnya/.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Astri Ramadhani Daulay

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.