Pengaruh Hasil Investasi dan Pendapatan Premi Terhadap Laba Asuransi Syariah di Indonesia

Ainal Putra Harahap, Murni Dahlena Nst

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh hasil investasi dan pendapatan premi terhadap laba perusahaan asuransi syariah di indonesia periode 2017-2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan yaitu perusahaan asuransi syariah yang terdaftar di otoritas jasa keuangan (OJK) periode 2017-2019. Sampel di ambil menggunkan metode porposive sampling dengan jumlah perusahaan sebanyak 10 perusahaan dan jenis datanya adalah data skunder. Metode pengumpulan data menggunakan metode pustaka dan dokumentasi dengan teknik analisis data regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil investasi berpengaruh positif terhadap laba perusahaan asuransi syariah di indonesia periode 2017-2019. (2) pendapatan premi berpengaruh positif terhadap laba perusahaan asuransi syariah di indonesia periode 2017-2019


Keywords


Hasil Investasi, Pendapatan Premi, Laba

Full Text:

PDF

References


Agustin, Suangga dan Sugiharto. 2016. “Pengaruh Premium Growth Ratio, Risk Based Capital Dan Hasil Investasi Terhadap Profitabilitas Perusahaan Asuransi Umum Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014”. Jurnal Riset Akutansi Suryatmadja (Akrual) Vol. 2 Nomor 2.

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19 (5th ed.). Semarang : Universitas Diponegoro.

Juwita. 2017. “Analisis Pengaruh Premi, Klaim, Investasi Dan Surplusunderwriting Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Industri Asuransi Syariah Tahun 2012-2016”. Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga

Marwansyah dan Utami. 2017. “Analisis Hasil Investasi, Pendapatan Premi, dan Beban Klaim Terhadap Laba Perusahaan Perasuransian di Indonesia”. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis Vol. 5 Nomor. 2.

Melinda. 2020. “Pengaruh Tingkat Pendapatan Premi, Klaim, Dan Hasil Investasi Terhadap Laba Perusahaan Asuransi (Studi Pada Perusahaan Asuransi Jiwa Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia) Periode 2016-2018”. Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Medan Area.

Nainggolan dan Soemitra. 2020. “The Contribution Income, Investment Result And Claim Expenses On Life Insurance Income”. Jurnal ekonomi dan bisnis islam Vol. 6, No 2

Nasution dan Nanda. 2020. “Pengaruh Pendapatan Premi, Hasil Underwriting, Hasil Investasi Dan Risk Based Capital terhadap Laba Perusahaan Asuransi Umum Syariah”. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis Vol. 17.Nomor.1.

Rizal, Wiyono dan Wulandari. 2019. “Pengaruh Premi, Klaim, Investasi, dan Underwriting terhadap Laba Perusahaan Asuransi Jiwa Syariah di Indonesia Periode tahun 2013 –2017”. Jurnal Anak Akuntansi Vol 2.

Sastri, Sujana dan Sinarwati. 2017. “Pengaruh Pendapatan Premi, Hasil underwriting, Hasil Investasi dan Risk Based Capital terhadap laba Perusahaan Asuransi”. Jurnal Akuntansi Vol 2 Nomor 1.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ainal Putra Harahap, Murni Dahlena Nst

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.